Berikut Tiga Kelompok Budidaya Sawit-Sapi yang Perlu diketahui

oleh -8314 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Mohammad Reza Gemi Omandi/integrasi sawit sapi.

InfoSAWIT, JAKARTA – Sesuai Permentan 105/2014 tentang Integrasi Usaha Perkebunan Kelapa Sawit dengan Usaha Budidaya Sapi Potong, penyatuan Usaha Perkebunan dengan Usaha Budi Daya Sapi Potong pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit bisa dilakukan dan dibagi dalam tiga kelompok budidaya, yakni pertama, cara intensif, berupa dengan melakukan pemanfaatan by product sawit, posisi kandang disekitar kebun, melakukan penggemukan dan penyediaan sapi siap potong.

Kedua, menerapkan Semi-Intensif, yakni pemanfaatan by product sawit dan vegetasi antar sawit, Dimana kandang disekitar kebun, menerapkan kombinasi penggembalaan dan dikandangkan, serta menyediakan sapi siap potong, induk, dan bakalan.


Ketiga, cara Extensif, yakni pemanfaatan by product sawit dan vegetasi antar sawit, dimana kandang dan drafting yard, menerapkan full penggembalaan serta menyediakan sapi siap potong, induk, dan bakalan.

BACA JUGA: Masalah Impor Daging Sapi Kelar, Bila Integrasi Sawit Sapi Diterapkan

Tentu saja penerapan integrasi sawit-sapi bukannya dilakukan secara serampangan, namun telah dilakukan analisa dan pengamatan, setidaknya terdapat beberapa potensi SISKA pada perkebunan kelapa sawit, lantaran luas perekebunan kelapa sawit di Indonesia 16,38 juta hektar.

Merujuk perhitungan untuk setiap 3 hektar kebun dapat menampung 1 unit ternak sapi. Apabila 50% lahan perkebunan yang di manfaatkan sebagai lahan penggembalaan maka dapat menampung setidaknya 2.73 juta ternak sapi potong.

BACA JUGA: Diyakini Integrasi Sawit Sapi Bisa Berhasil

Penerapan SISKA nyatanya menjadi salah satu pola usaha peternakan sapi potong zero limbah, serta menjadi upaya peningkatan nilai ekonomi produk perkebunan, serta mampu mengurangi biaya herbisida, mengurangi biaya pupuk, bisa meningkatkan produksi Tandan Buah Segar (TBS) Sawit, dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

infosawit
Dok, InfoSAWIT/Ketum Gapensiska, Joko Iriantono

Penulis: Joko Iriantono /Ketua Gabungan Pelaku dan Pemerhati Sistem Integrasi Sapi-Kelapa Sawit (GAPENSISKA)

Sumber:  Majalah InfoSAWIT edisi September 2023

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com