BPDPKS, Ditjenbun dan IPB Training Lakukan Pelatihan Teknis Budidaya Sawit Kepada 89 Petani Sawit di Aceh

oleh -1645 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. IPB Training untuk InfoSAWIT/ BPDPKS, DitjenBun Kementerian Pertanian (Kementan) bersama PT. Global Scholarship Services Indonesia (IPB Training) menggelar Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Provinsi Aceh pada 13-17 Mei 2024.

InfoSAWIT, BANDA ACEH – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) bersama PT. Global Scholarship Services Indonesia (IPB Training) menggelar Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Provinsi Aceh untuk angkatan 1, 3 dan 4. Acara ini berlangsung pada 13-17 Mei 2024 lalu, di Hotel Grand Nanggroe Aceh, Banda Aceh, Aceh.

Sebagai Tim Narasumber IPB, Hariyadi menyampaikan, kelapa sawit kini menjadi produk andalan ekspor Indonesia ke luar negeri karena kontribusi devisanya mencapai Rp 600 triliun per tahun, melampaui kontribusi devisa minyak dan gas yang hanya Rp 200 ribu miliar per tahun.


“Saat  ini  produsen  kelapa  sawit  menjadi  pahlawan  perekonomian nasional yang telah menyelamatkan perekonomian indonesia dari resesi pada masa resesi tahun 1998 dan masa covid tahun 2019-2020” katanya pada pembukaan acara Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Dalam Rangka Pelatihan Pengembangan SDM PKS tahun 2024, untuk angkatan 1, 3 dan 4.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Plasma Riau Periode 5-11 Juni 2024 Naik Rp 67,70/Kg Cek Harganya..

“Pelatihan pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit ini dilaksanakan dengan peserta sebanyak 25 petani dari Kab. Aceh Barat dan 64 petani dari Kab. Nagan Raya. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemeliharaan tanaman kelapa sawit. Selanjutnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menangani organisme pengganggu tanaman kelapa sawit,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (4/6/2024).

Kepala Dinas Perkebunan Kementerian Pertanian dan Perkebunan Aceh, Fakhrurrazi dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah menyampaikan, bahwa pemerintah sangat mendukung keberlanjutan perkebunan kelapa sawit untuk mendorong pembangunan di Aceh. Ia berharap pelatihan ini dapat membantu petani meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mukhlis, mengatakan bahwa salah satu kelemahan perkebunan kelapa sawit di Aceh adalah minimnya regenerasi usaha. Ia berharap pelatihan ini dapat membantu generasi muda meneruskan usaha perkebunan kelapa sawit orang tua mereka dengan lebih baik.

BACA JUGA: PT Sawit Nabati Agro – IOI Group dan PT Daya Guna Lestari Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Peningkatan Kompetensi Untuk Planters

Pelatihan yang diikuti oleh 89 petani sawit dari Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, rupanya selain memperoleh teori di kelas, peserta juga mengikuti kunjungan lapangan ke PT Agro Sinergi Nusantara untuk melihat langsung praktik budidaya kelapa sawit yang baik.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com