Menko Airlangga Dorong EAEU Lakukan Kampanye Positif Sawit, Nilai Ekspor Sawit ke EAEU Capai US$ 544,64 juta

oleh -864 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Kemenko/ Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, bertemu dengan Menteri Perdagangan EEC, Andrey Slepnev, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Moskow, pada Senin (10/06).

InfoSAWIT, MOSKOW – Optimisme dalam mempercepat penyelesaian perundingan Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA) terus meningkat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, bertemu dengan Menteri Perdagangan EEC, Andrey Slepnev, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Moskow, Federasi Rusia, pada Senin (10/06). Pertemuan yang berlangsung di kantor EEC tersebut berjalan dengan efektif dan penuh harapan.

Kedua pihak mengapresiasi usaha masing-masing negara dalam mendorong penyelesaian perundingan I-EAEU FTA. Perundingan tersebut telah memasuki empat putaran, di mana putaran keempat dilaksanakan di Armenia pada 18-20 Maret 2024. Mereka berharap bahwa perundingan dapat diselesaikan pada putaran kelima yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada Juli 2024.


“Pemerintah Indonesia melihat adanya potensi kerja sama ekonomi yang lebih komprehensif dengan EAEU. Saya juga meyakini bahwa FTA tentu akan memberikan dampak positif dan saling menguntungkan bagi Indonesia dan EAEU,” ungkap Menko Airlangga dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Senin (10/6/2024).

BACA JUGA: Sawit Indonesia Ramah Anak (SIRA) untuk Papua Emas 2045

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga meminta Rusia untuk membantu mendorong negara anggota EAEU lainnya bersinergi mencapai tujuan yang sama, baik dalam mempercepat penyelesaian perundingan I-EAEU FTA maupun terkait promosi minyak sawit Indonesia.

EAEU merupakan salah satu importir terbesar minyak sawit asal Indonesia, dengan total nilai ekspor minyak sawit Indonesia ke EAEU pada tahun 2023 mencapai US$ 544,64 juta. Menko Airlangga berharap Rusia dan negara anggota EAEU lainnya akan senantiasa membantu mempromosikan minyak sawit Indonesia dan mengadakan kampanye positif terhadap produk ini.

BACA JUGA: Awal Abad ke-19 Jadi Booming Minyak Sawit

Menko Airlangga juga meyakinkan bahwa minyak sawit dari Indonesia yang diekspor ke negara mitra telah memenuhi aspek kesehatan dan standar keberlanjutan. Hal ini diharapkan dapat mendorong EAEU agar tidak mengimplementasikan regulasi yang mendiskriminasi. Indonesia juga terbuka untuk berdiskusi secara komprehensif guna mencari solusi atas berbagai permasalahan yang muncul di sektor impor dan ekspor kelapa sawit. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com