Ganoderma Serang Perkebunan Sawit di Penajam Paser Utara

oleh -16342 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Marlon Sitanggang untuk InfoSAWIT/Ilustrasi Ganoderma.

InfoSAWIT, PENAJAM PASER – Penyakit ganoderma, yang menyebabkan kebusukan pada pangkal batang kelapa sawit, telah ditemukan menyerang perkebunan di Babulu Laut dan sekitar pabrik kelapa sawit PT Sumber Bunga Sawit Lestari (SBSL) di Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (PPU).

Ketua Jaringan Pegiat Sawit Nasional (JPSN) PPU, Tono Sutrisno, menerima laporan dari masyarakat tentang merebaknya penyakit ini. “Ganoderma ini sangat berbahaya karena mampu membuat pohon kelapa sawit menjadi layu, kuning, kemudian mati. Laporan yang kami terima menunjukkan ganoderma telah ditemukan menyerang kelapa sawit di Babulu Laut dan sekitar pabrik SBSL di Babulu Darat,” kata Tono Sutrisno, dikutip InfoSAWIT dari Kaltimpost, ditulis Senin (1/7/2024).

Menurut Tono, jamur ganoderma sangat berbahaya dan perlu segera diantisipasi agar tidak menyebar lebih luas. Jamur ini menular antar-akar pohon kelapa sawit dan mampu mematikan pohon besar serta produktif, mengakibatkan produktivitas menjadi nol.

BACA JUGA: 84 Petani Sawit Swadaya Anggota APKSSM Tingkatkan Kualitas SDM, Untuk Kebun Sawit Berkelanjutan

Tono menyampaikan bahwa pihaknya sudah melaporkan masalah ini ke Dinas Pertanian PPU. “Sudah ada pengecekan dan sudah disiapkan fungisida untuk menanggulangi ganoderma ini,” katanya.

JPSN PPU adalah organisasi yang baru didirikan dan anggotanya adalah petani sawit rakyat (PSR) skala kecil dengan kepemilikan lahan di bawah lima hektare. Saat ini, jumlah anggotanya mencapai 400 petani dengan total lahan sekitar 800 hektare. Organisasi ini bertujuan untuk mengedukasi PSR agar dapat memaksimalkan hasil panen.

BACA JUGA: Desakan Sawit Bebas Deforestasi

“Selama ini, hasil panen mereka tidak maksimal akibat banyak faktor, seperti pemanenan yang tidak tepat waktu dan pemupukan yang tidak standar. Misalnya, kondisi tanah asam tetapi diberi pupuk kimia berlebihan,” tandas Tono. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com