SPKS Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Petani Sawit Swadaya Melalui Training of Trainer Pelatih Sawit Lestari

oleh -2637 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. SPKS untuk InfoSAWIT/SPKS gelar Training of Trainer Pelatih Sawit Lestari di Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Barat, tingkatkan kompetensi penyuluh sawit swadaya.

InfoSAWIT, JAKARTA – Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) terus berupaya meningkatkan kapasitas dan keterampilan penyuluh petani sawit swadaya melalui program “Training of Trainer Pelatih Sawit Lestari”. Pelatihan ini diadakan untuk penyuluh swadaya di Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Barat, berlangsung selama lima hari dari tanggal 2-6 Juni 2024 di Pangkalan Bun. SPKS bekerja sama dengan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY) sebagai fasilitator pelatihan.

Penguatan sumber daya manusia melalui pelatihan ini merupakan salah satu upaya SPKS untuk meningkatkan produktivitas kebun petani swadaya secara berkelanjutan. Manajer Organisasi dan Anggota SPKS, Muhammad Ridwan, menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penyuluh petani sawit swadaya. “Penyuluh swadaya adalah ujung tombak dalam memberikan pelatihan kepada petani sawit swadaya yang jumlahnya mencapai 2,5 juta orang,” ujar Ridwan, dalam keterangannya kepada InfoSAWIT, Kamis (11/7/2024).

Ridwan menyebutkan bahwa saat ini terdapat 47.606 penyuluh nasional, sementara desa dengan potensi produk pertanian mencapai 75 ribu. “Gap ini menunjukkan kurangnya jumlah penyuluh yang dimiliki oleh pemerintah. Angka ini jauh lebih kecil jika dilihat dari penyuluh yang menguasai budidaya kelapa sawit secara berkelanjutan,” tambahnya.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Sumut Periode 10-16 Juli 2024 Tembus 3000/Kg Cek Harganya..

Oleh karena itu, celah ini harus diisi oleh penyuluh swadaya agar petani tidak tertinggal dan produksi kelapa sawit dapat ditingkatkan.

Ketua tim fasilitator dari AKPY, Juremi, menyampaikan bahwa pelatihan semacam ini harus diperluas dan lebih intens dilakukan. Ia berharap hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit petani swadaya hingga menyamai produktivitas kebun perusahaan, yaitu 30 ton per hektare per tahun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat, menyatakan bahwa tenaga penyuluh swadaya akan menjadi kekuatan yang membantu pemerintah dalam mendukung petani kelapa sawit untuk mengakses dana sawit dan memperoleh sertifikasi ISPO. “Kolaborasi antara pemerintah dan stakeholders sawit harus kita kuatkan untuk meningkatkan kelas petani kelapa sawit,” ungkapnya.

BACA JUGA: Integrasi Hulu-Hilir dan Inovasi Teknologi Jadi Kunci Pengembangan Industri Sawit Nasional

Peserta pelatihan ini akan menjadi tim penyuluh Petani Sawit swadaya SPKS yang memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani sawit swadaya terkait Good Agriculture Practices (GAP), sertifikasi berkelanjutan, serta akses pendanaan dari pemerintah atau BPDPKS. Upaya ini merupakan dukungan terhadap kebijakan nasional dalam peningkatan SDM sawit dan praktik usaha kelapa sawit berkelanjutan. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com