Ternyata ISPO Menambah Wawasan Pekebun Sawit Swadaya

oleh -360 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, JAKARTA – Diungkapkan Ikhsan Gunawan, praktik budidaya kelapa sawit berkelanjutan skim Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) merupakan pengakuan pemerintah dalam hal pengelolaan kebun sawit yang berkelanjutan, dan di lakukan oleh pekebun sawit, sehingga hasil Tandan Buah Segar (TBS) sawit pekebun dapat diterima ditingkat nasional maupun internasiaonal.

Lebih lanjut tutur Ikhsan, dirinya menerima tawaran Musim Mas untuk bermitra dan menerapkan ISPO, lantaran melihat manfaat yang diperoleh pekebun sawit swadaya dari kegiatan tersebut. “Dengan penerapan budidaya sawit yang baik dan benar serta berkelanjutan berdampak pada adanya peningkatan produksi kebun, maka anggota perkumpulan berkomitmen menerapkan praktik kelapa sawit berkelanjutan ISPO,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Saat ini kata Ikhsan, Anggota Perkumpulan Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Rokan Hulu per Oktober 2021 sejumlah 717 pekebun dengan luas lahan 1327.91 Ha yang tersebar di 4 kecamatan dan 10 desa. “Namun yang baru tersertifikasi ISPO sebanyak 296 pekebun dengan luasan 430 Ha,” kata Ikhsan yang berasal dari Rokan Hulu, Riau.

BACA JUGA: Setelah Terapkan ISPO, Produksi TBS Sawit Kami Meningkat

Diakuinya, penerapan praktik sawit berkelanjutan skim ISPO, telah banyak memberikan manfaat bagi pekebun, misalnya, adanya perubahan pola berkebun anggota perkumpulan dalam menerapkan Good Agricultural Practices (GAP), sehingga meningkatkan produksi TBS sawit kebun anggota perkumpulan. “Serta bertambahnya wawasan anggota perkumpulan tentang sosial, ekonomi dan lingkungan,” tutur Ikhsan. (T2)

Bagikan Artikel:

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.