Berikut Efisiensi yang Bisa Diterapkan di Perkebunan Kelapa Sawit

oleh -13121 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Merekondisi Angkong dari yang sebelumnya rusak

InfoSAWIT, JAKARTA – Banyak pertanyaan yang hampir seragam, baik dari petani, maupun para planters, yakni kapan sejatinya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit akan kembali melonjak? Lantas, apa dampaknya bila kebun sawit yang ada tidak dilakukan pemupukan atau dosis dikurangi?

Pertanyaan ini tentu saja sangat sulit dijawab, sebab terkait harga minyak sawit, banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya oleh permintaan dan ketersediaan (supply and demand), kompetisi dengan komoditi minyak nabati lain, serta daya beli dan konsumsi.


Ditengarai dari beberapa faktor yang mempengaruhi harga minyak sawit dunia pula muncul adanya perang dagang yang akhirnya menekan harga komoditas di dunia, termasuk terbitnya beragam regulasi dan hambatan dagang dari para negara konsumen minyak sawit di dunia. Bila sudah masuk ranah ini maka sudah di luar kajian agronomis.

BACA JUGA: Begini Caranya Supaya Pengelolaan Dump Truck Efisien Di Kebun Sawit

Ketimbang terus mengecam dan menyesali nasib mengapa mereka (negara-negara besar dunia) melakukan perang dagang, lebih baik berpikir ke dalam dan mulai mengecangkan ikat pinggang; dengan kata lain menerapkan efisiensi.

Efisiensi dalam tulisan ini adalah dengan tidak mengutak-atik Man Power Planning (MPP) dan meminimalisir risiko terhadap aspek fisiologis tanaman. Maka sejatinya cara yang paling manjur untuk efisiensi adalah meningkatkan produktivitas.

Ide-ide cemerlang dan ketekunan menerapkan prinsip perbaikan secara berkelanjutan secara konsisten mesti tetap dilakukan dan jangan sampai kendor, bila sudah mencapai produktivitas atau output yang lebih baik diganjal, supaya tidak mundur bahkan semestinya ditingkatkan. Lantas apa kiat yang harus dilakukan supaya produktivitas bisa terus meninggi?

BACA JUGA: Begini Cara Menanam Sawit Di Areal Miring

Pertama, untuk melakukan efisiensi manfaatkan material yang tidak terpakai. Coba cek di gudang ada material yang masih layak pakai tetapi perlu sedikit polesan dan perbaikan, misalnya beberapa alat semprot yang dapat dipergunakan lagi setelah dikanibal dengan alat semprot lain, beberapa spare part yang sudah lama tidak terpakai dan banyak barang bekas lainnya.

Kedua, memanfaatkan sebaik-baiknya pupuk organik yang dihasilkan pabrik kelapa sawit seperti tankos, solid, limbah cair, abu boiler bahkan sludgge yang telah menggumpal sebagai pengganti pupuk anorganik. Pengalaman di lapangan memperlihatkan bahwa tanaman yang diaplikasi pupuk organik yang disebutkan di atas memberikan produksi TBS yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diaplikasi pupuk anorganik.

BACA JUGA: Kemitraan Sawit Satu Atap Tak Relevan, Banyak Konflik dan Rugikan Petani

Ketiga, mengawali pekerjaan tepat waktu dan secara serempak, misalkan ada karyawan panen 1000 orang, terlambat memulai kerja 10 menit, berarti itu setara dengan 23 HK. Bayangkan jika bisa memotivasi karyawan dan bekerja lebih awal 5 menit. (*)

Penulis: Marlon Sitanggang/Head Divisi Agronomi PT USTP

Lebih lengkap Baca Majalah InfoSAWIT Edisi September 2019

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com