Malaysia Bakal Bertemu Indonesia, Bahas Rencana Patokan Harga CPO

oleh -8776 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ CPO/crude palm oil/ minyak sawit mentah.

InfoSAWIT, PUTRAJAYA – Pemerintah Malaysia berencana mengadakan pertemuan dengan pemerintah Indonesia guna membahas niat Indonesia memiliki harga patokan minyak sawit mentah (CPO) sendiri.

Diungkapkan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Perkebunan dan Komoditas, Datuk Seri Fadillah Yusof, perlu dibicarakan lantaran rencana Indonesia akan mempengaruhi seluruh rantai industri kelapa sawit, tidak hanya Malaysia, tetapi juga global.


Seperti dilansir Bernama, pertemuan tersebut direncanakan pada minggu kedua Februari 2023 mendatang. “Harus ada pembahasan sebelum diambil keputusan penetapan harga yang menguntungkan sektor perkebunan di kedua negara,” ujarnya dalam konferensi pers.

BACA JUGA: Masyarakat Masih Sulit Akses Benih Sawit Padahal Terdapat 19 Produsen Benih dan 62 Varietas

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan berencana untuk menetapkan harga patokan CPO sebelum Juni 2023 dan tidak lagi harus bergantung pada harga CPO di Bursa perdagangan komoditas di Malaysia.

Fadillah mengatakan, isu pelarangan Uni Eropa dan penerapan hambatan perdagangan produk sawit juga akan dibahas saat kedua negara bertemu.

BACA JUGA: Tim Oil Palm Business Recovery & Rescue Dibentuk, Bantu Kebun Sawit Keluar Dari Kendala

Sementara pada 12 Januari 2023 lalu, Direktur Jenderal Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) Datuk Dr Ahmad Parveez Ghulam Kadir mengatakan harga CPO tahun ini diperkirakan akan turun rata-rata antara RM 4.000 dan RM 4.200 per ton dibandingkan tahun 2022 yang mencapai rata-rata RM 5.087,50 per ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com