Industri Pariwisata di Bali Komit Gunakan Produk Minyak Sawit Berkelanjutan

oleh -1449 Dilihat
infosawit
Dok. infoSAWIT

InfoSAWIT, BALI –  Dalam rangkaian Musyawarah Cabang (MUSCAB) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badan Pengurus Cabang (BPC) Kabupaten Badung pada Kamis, (16/3/2023) di Bali, menyatakan komitmennya untuk semakin menguatkan Bali sebagai destinasi pariwisata unggulan Indonesia yang berwawasan lingkungan dan sosial melalui penggunaan produk-produk sawit berkelanjutan di Indonesia.

Bahkan PHRI Bali akan bekerja sama dengan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dalam mendorong pelaku industri pariwisata di Bali, khususnya hotel dan restoran, secara bertahap untuk menggunakan produk-produk turunan minyak sawit yang diproduksi dengan cara yang bertanggung jawab dan lestari. Terlebih, industri hotel dan restoran banyak menggunakan produk berbahan baku sawit seperti minyak goreng, margarin, sabun, sampo, pasta gigi, produk spa, parfum dan lilin.


Untuk mewujudkan Bali sebagai tujuan wisata ramah lingkungan, PHRI dan RSPO akan menjalankan serangkaian kegiatan yang diantaranya adalah peningkatan kapasitas dan kesadartahuan anggota PHRI Bali dan pemangku kepentingan terkait mengenai kelapa sawit berkelanjutan; penggunaan produk sawit berkelanjutan bersertifikat RSPO; dan promosi anggota PHRI Bali yang telah menggunakan produk-produk sawit berkelanjutan.

BACA JUGA: Wagub Bali Mendukung Sinergi dan Kolaborasi Pariwisata, Serta Apresiasi RSPO untuk UMKM

Diungkapkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, hingga saat ini Bali ingin dikenal sebagai tujuan wisata ramah lingkungan di mata wisatawan Indonesia dan dunia. ini sejalan dengan kearifan lokal Bali yang dikenal sebagai filosofi Tri Hita Karana yang menjunjung tinggi keseimbangan hubungan antar sesama manusia dan juga manusia dengan lingkungannya.

“Bali mulai wujudkan hal ini dengan pengurangan pemakaian plastik sekali pakai sejak tahun 2019 dan penggunaan produk sawit berkelanjutan merupakan agenda kami selanjutnya agar selaras dengan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Provinsi Bali di masa depan. Kerja sama kami yang lebih erat dengan RSPO merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk mewujudkan Bali sebagai pionir destinasi wisata berkelanjutan di dunia dalam penggunaan produk sawit ramah lingkungan,” ungkap ” ucap Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati  yang juga sekaligus Ketua PHRI Bali, dalam keterangan resminya diterima InfoSAWIT, Kamis (16/3/2023).

Sementara, RSPO Deputy Director Market Transformation, Indonesia, Mahatma Windrawan Inantha, pihaknya menyambut baik komitmen PHRI Bali yang akan semakin menguatkan posisi Bali sebagai destinasi pariwisata unggulan berbasis ekologi (eco-tourism) tidak hanya di Indonesia namun di tingkat dunia dengan menggunakan produk sawit berkelanjutan oleh para anggotanya.

BACA JUGA: Sinergi dan Kolaborasi Perkuat Pariwisata Badung, Bali, dengan Minyak Sawit Berkelanjutan

“Perusahaan-perusahaan anggota RSPO, termasuk yang berdomisili di pulau Jawa dan Bali, menyatakan siap mendukung hal ini sebagai salah satu strategi menjaga keberlangsungan industri pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian provinsi Bali,” kata Windrawan.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Bali Soap, Mahendra menyampaikan, pasar saat ini sudah banyak yang peduli bagaimana perusahaan membuat sebuah produk, termasuk asal-usul bahan baku yang digunakan.

“Hal ini kemudian yang menjadi salah satu faktor perusahaan kami berhasil melalui masa sulit saat pandemi Covid 19 berlangsung, karena produk kami yang tersertifikat RSPO berhasil menembus pasar luar negeri melalui marketplace daring,” katanya.

BACA JUGA: Minamas Gandeng PPKS Medan, Produksi Benih Sawit Unggul Simalungun

Hal senada disampaikan Branch Manager PT Budi Jaya Amenities, Ronald Harmanto, produk dengan label RSPO di kemasan akan membantu industri hotel dan restoran untuk tetap relevan dengan konsumen yang mementingkan aspek keberlanjutan dalam pola konsumsinya.

Sementara itu, Direktur PT Spa Faktori Bali, Maria Satiaputri menyampaikan, aspek keberlanjutan merupakan salah satu pilar bisnis kami sebagai tanggung jawab perusahaan untuk berkontribusi positif bagi manusia dan lingkungan. (T1)

RSPO : Industri Pariwisata di Bali Berkomitmen Untuk Menggunakan Produk Sawit Berkelanjutan

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com