Bentuk Solidaritas Anggota, CPOPC Beri Bantuan Benih Sawit Kepada Petani Sawit Honduras

oleh -1845 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/CPOPC bersama 8 Produsen Benih Sawit Beribantuan ke Petani Sawit Honduras

InfoSAWIT, JAKARTA – Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) bersama swasta Indonesia dan Malaysia menyumbangkan total 102.000 benih kecambah kelapa sawit (GS) sebagai tanggapan atas penderitaan petani kecil di Honduras untuk membantu mereka mengatasi dampak badai Eta dan Iota yang menghancurkan negara mereka pada 20 November 2020 lalu. Kontribusi benih sawit ini menjadi cara yang sederhana bagi CPOPC untuk memberikan bantuan dan memfasilitasi produksi minyak sawit petani kecil di Honduras.

Kontribusi bantuan benih sawit ini menjadi langkah kecil bagi CPOPC dalam memberikan bantuan dan memfasilitasi produksi minyak sawit petani kecil di Honduras. Apalagi, Honduras telah menyelesaikan proses aksesinya dan akan menjadi negara ketiga yang menjadi anggota penuh CPOPC pada Mei 2023.


Diungkapkan, Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia, sekaligus Ketua CPOPC, Dato’ Sri Haji Fadillah Yusof, menegaskan kembali bahwa kontribusi tersebut menandakan kerja sama yang erat di antara negara-negara penghasil minyak sawit.

BACA JUGA: CPOPC dan 8 Produsen Benih Sawit Beri Bantuan 102 Ribu Kecambah Untuk Petani di Honduras

“CPOPC telah membuktikan pentingnya dalam pengembangan sektor kelapa sawit secara global. Kontribusi ini juga menandakan pengakuan kami terhadap Honduras sebagai sekutu penting CPOPC. Sudah sepantasnya bagi kami untuk memberikan bantuan kami dengan benih yang berkecambah, dan saya harap ini akan membantu dalam membina ikatan yang lebih kuat antara anggota dan negara-negara peninjau ke depan,” kata Dato’ Fadillah secara virtual pada acara pengiriman bantuan Benih Sawit ke Honduras, Senin (20/3/2023) di hadiri InfoSAWIT.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, memandang kontribusi tersebut sebagai respon kemanusiaan yang diharapkan dapat semakin mempererat kemitraan antara CPOPC dan Honduras.

“Saya ingin menegaskan kembali pentingnya aliansi yang diperkuat di antara negara-negara penghasil minyak sawit dan agar CPOPC dapat terlihat dan mengambil peran yang lebih signifikan dalam waktu dekat. Kontribusi bibit kecambah ini harus dilihat sebagai langkah awal menuju kerjasama yang jauh lebih baik antar negara produsen,” kata Airlangga.

BACA JUGA: Produksi Rata-rata Sawit Indonesia Lebih tinggi dari Malaysia di 2022

Lantas Menteri Pertanian Honduras, Laura Suazo, menghadiri upacara tersebut secara virtual mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sumbangan benih kelapa sawit tersebut. “Kami berharap penerimaan Honduras ke CPOPC akan sangat bermanfaat bagi mereka sebagai negara anggota baru. Kita bersama dan akan tetap bersama agar petani sawit kita selalu mendapatkan yang terbaik dari aliansi ini,” kata Laura menanggapi pesan ucapan selamat aksesi Honduras. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com