Harga Minyak Sawit Di Bursa Malaysia Naik, Menyusul Melonjaknya Harga Minyak Kedelai

oleh -2953 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Berjangka Malaysia tercatat naik pada Selasa (21/3/2023), setelah sebelumnya selama tiga sesi berturut-turut harga CPO mengalami penurunan. Kenaikan harga CPO tersebut menyusul adanya penguatan harga minyak kedelai di Chicago serta didukung data ekspor yang mennguat.

Dilansir Reuters, patokan kontrak minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Juni 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 30 per ton, atau terdapat kenaikan sekitar 0,79%, menjadi RM 3.815 (US$ 852,70) per ton di awal perdagangan.


Sebelumnya harga kontrak CPO jatuh pada Senin (20/3/2023) saat penutupan perdagangan, serta menjadi harga terendah dalam tujuh minggu terakhir, terseret oleh melemahnya harga minyak nabati lainnya, serta munculnya kekhawatiran ekonomi global.

BACA JUGA: Bentuk Solidaritas Anggota, CPOPC Beri Bantuan Benih Sawit Kepada Petani Sawit Honduras

Merujuk laporan Cargo Surveyor Intertek Testing Services dan AmSpec Agri Malaysia, ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-20 Maret naik antara 19,8% hingga 29,8% dari bulan sebelumnya.

Sementara Kementerian Pertanian AS (USDA) memprediksi produksi minyak sawit Indonesia untuk periode 2023/24 bakal mencapai 46 juta metrik ton, atau meningkat 3% dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Masih Lesu, Harga CPO KPBN 20 Maret 2023 Melorot Rp 215/Kg

Maish dilansir Reuters, untuk kontrak minyak kedelai diDalian berkode DBYcv1 turun 0,22%, sedangkan kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 turun 1,30%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOc2 tercatat turun 0,24% setelah kenaikan 0,8% pada sehari sebelumnya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com