Supaya Hasil Sawit Maksimal, Dinas Perkebunan Pasbar Saran Gunakan Bibit Unggul

oleh -4059 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Bibit Sawit Unggul dalam polybag.

InfoSAWIT, SIMPANG EMPAT – Diungkapkan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan Pasaman Barat, Afrizal, penggunaan bibit sawit unggul sangat penting dalam meningkatkan produksi kelapa sawit. Lanatran jika menggunakan bibit sawit tidak unggul maka hasilnya tidak maksimal

Lebih lanjjut kata Afrizal, banyak keuntungan bagi petani jika memakai bibit unggul. Selain umur tanaman lama sampai 20-25 tahun juga produksinya di atas satu ton per haktare per bulannya. Namun bila tidak menggunakan bibit unggul maka umur tanaman tujuh tahun sudah tidak produktif lagi dan produksi di bawah satu ton per hektare per bulannya.


Untuk itu, pihaknya terus memberikan edukasi kepada petani kelapa sawit agar memakai bibit unggul. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal. “Kita memfasilitasi petani ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Medan, Sumatera Utara yang menyediakan bibit sawit unggul bersertifikat dengan harga Rp 7. 200 per butir sampai di lokasi,” katanya seperti dilansir InfoSAWIT darai Antara, kamis (23/3/2023).

BACA JUGA: Warga Desa Huristak Laporkan PT ANJ ke KPPU Kanwil I, Tuntut Realisasi Plasma 20 Persen

Kata Afrizal, petani swit harus berani mengubah pola cara bertaninya jika ingin hasilnya memuaskan. Jika bibit jelek tentu hasilnya juga sedikit dan penghasilan juga pas-pasan. Ia menyebutkan kelemahan petani dalam memilih bibit adalah ketidakmampuan dari segi modal, mendapatkan bibit unggul yang susah dan pengetahuan petani yang rendah. “Pemahaman inilah yang terus kami berikan agar kesejahteraan petani sawit di Pasaman Barat terus meningkat,” ujarnya.

Sekadar informasi, hingga saat ini luas perkebunan sawit di Pasaman Barat mencapai 185.324 hektare (termasuk perusahaan perkebunan) dengan produksi 2,9 juta ton per tahun. Dimana luas areal perkebunan milik swasta mencapai 63.186 hektare sedangkan perkebunan sawit rakyat seluas 122.138 hektare. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com