Kampung Batik Laweyan Inisiasi Penggunaan Malam Sawit Berkelanjutan

oleh -3663 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT / Suasana Diskusi bersama Ketum FPKB dan RSPO

InfoSAWIT, JAWA TENGAH – Kampung Batik Laweyan yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Kota Solo, bakal menggunakan minyak sawit berkelanjutan bersertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), , untuk proses produksi batiknya. Penggunaan malam Batik bersertifikasi RSPO menjadi kesadaran masyarakat Laweyan yang sebagian besar menggeluti usaha Batik.

Menurut Ketua Umum Forum Pengembangan Kampoeng Batik (FPKB), Alfa Febila Priatmono, Kampoeng Laweyan menjadi pusat perajin Batik sejak jaman pra kemerdekaan.


Menurutnya, berbagai bukti kemandirian ekonomi masyarakat Laweyan, telah menjadi bagian dari sejarah Kampoeng Laweyan yang bisa ditelusuri hingga dewasa ini. Wajar, bila kemudian, berdasarkan sejarah Kampoeng Laweyan menjadi kampung Batik tertua di Indonesia.

BACA JUGA: Berikut Sederet Tugas Luhut di Satgas Peningkatan Tata Kelola Industri  Kelapa Sawit

“Pasang surut ekonomi nasional, menjadi gambaran pula dari masyarakat Laweyan, ” Kata Alfa menjelaskan kepada InfoSAWIT, Minggu (16/4/2023).

Lebih lanjut, Alfa menjelaskan kemandirian masyarakat Laweyan, yang selalu mandiri dan berdikari dalam ekonomi. Hampir seluruh masyarakat Laweyan, melakukan usaha mandiri batik di rumahnya. Kondisi ekonomi juga diperkuat, hingga melahirkan juragan-juragan batik di masyarakat Laweyan.

“Lahirnya budaya Mase, jadi titik awal keberhasilan usaha batik masyarakat Laweyan”, jelas Alfa. Lantaran, budaya Mase, mendudukan kehormatan seorang ibu dalam rumah tangga menjadi sosok pengusaha perempuan yang berhasil.

BACA JUGA: Ini Sosok Ardi Prapto, Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma

Kemampuan perempuan dalam menjalankan roda bisnis membatik, pasalnya membutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam proses pembuatan nya. Wajar, bila kemudian, proses produksi batik tulis menjadi ikon batik Laweyan yang tersebar luas. Selain itu, proses cap batik, juga menjadi keberhasilan masyarakat Laweyan berikutnya.

Proses membatik masyarakat Laweyan  yang sudah populer di masyarakat luas itulah, yang kemudian menjadikannya sebagai tujuan pariwisata desa batik di Kota Solo. Sebagai Desa Pariwisata, Kampoeng Laweyan juga berencana mendorong pariwisata desa berkelanjutan.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com