Ekspor Malaysia April 2023 Turun 27,8 Persen

oleh -2896 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Affin Hwang Investment Bank Bhd melaporkan ekspor minyak sawit Malaysia mencapai 1,07 juta ton pada April, turun 27,8 persen MoM, karena minyak sawit mentah (CPO) kehilangan daya saing harganya terhadap beberapa minyak nabati lainnya seperti minyak rapeseed, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai.

Namun, berdasarkan catatan Affin Hwang Investment Bank Bhd, untuk kuartal I-2023, ekspor Malaysia masih lebih tinggi sebesar 4,5 persen YoY menjadi 4,83 juta ton.


Pada tingkat persediaan, Affin Hwang mencatat bahwa persediaan minyak sawit Malaysia di bulan April turun lebih jauh menjadi 1,5 juta MT, turun sebesar 176,5 ribu MT atau 10,5 persen MoM.

BACA JUGA: Produksi Minyak Sawit Indonesia Maret 2023 Naik 12 Persen, Ekspor Melempem

Ini menjadi level terendah sejak persediaan 22 Maret sebesar 1,47 juta MT. Meskipun terjadi penurunan ekspor CPO di bulan April, tingkat persediaan MoM Malaysia terus menurun, sebagian disebabkan oleh peningkatan volume konsumsi domestik di bulan April.

“Konsumsi domestik yang lebih tinggi berpotensi disebabkan oleh perayaan Idulfitri,” tandas Affin Hwang Investment Bank. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com