Ekspor Minyak Sawit Indonesia pada 2022 Naik 5,76 Persen, India Konsumen Utama

oleh -3308 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pelabuhan Khusus Ekspor CPO.

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada tahun 2022, Indonesia mencatat pencapaian gemilang dalam industri kelapa sawit dengan nilai ekspor mencapai US$ 34,94 miliar atau setara dengan 39,65 juta ton.

Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 5,76 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2021). Salah satu pasar terbesar bagi produk kelapa sawit Indonesia adalah India, yang menjadi tujuan ekspor terbesar dengan nilai mencapai US$ 5,65 miliar.


Merujuk data dari Oil World 2023, India mengimpor minyak nabati sebanyak 16,5 juta ton. Dari jumlah tersebut, sekitar 9,9 juta ton adalah minyak kelapa sawit. Indonesia dan Malaysia masing-masing menyumbangkan 5,2 juta ton (51,04 persen) dan 2,86 juta ton (28,46 persen) dari total impor minyak kelapa sawit India.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Melambung Naik Rp 174/Kg Pada Jumat (29/9)

Dikutip InfoSAWIT dari Kementerian Perdagangan, India merupakan  negara  tujuan  ekspor terbesar  Indonesia  untuk  produk  kelapa  sawit  dengan  nilai mencapai US$ 5,65 miliar, diikuti  Tiongkok US$ 4,91 miliar, Uni Eropa US$ 4,36 miliar, Pakistan US$ 3,14 miliar, dan Amerika Serikat US$ 2,37 miliar.

Pertumbuhan signifikan dalam ekspor kelapa sawit ini memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Selain India, negara-negara seperti Tiongkok, Uni Eropa, Pakistan, dan Amerika Serikat juga merupakan pasar yang signifikan bagi produk kelapa sawit Indonesia, dengan masing-masing nilai ekspor yang cukup besar. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com