Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Naik 0,4 Persen, Saat Harga Minyak Mentah Turun

oleh -1559 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. NST/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, SINGAPURA – Harga kontrak minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Malaysia naik pada Selasa (17/10/2023) ke level tertinggi dalam tiga minggu terakhir, menyusul ekspor yang lebih kuat, dan disaat harga minyak mentah turun yang membatasi kenaikan harga.

Dilansir Reuters, harga kontrak acuan minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Januari 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 15 per ton, atau terdapat kenaikan sekitar 0,4%, menjadi RM 3,793 (US$ 801,73) per metrik ton pada perdagangan pagi.


Merujuk laporan perusahaan inspeksi independen AmSpec Agri Malaysia Ekspor produk minyak sawit Malaysia pada periode 1-15 Oktober diperkirakan naik 5,6% dibanding pada bulan September pada periode yang sama, pada Minggu. Sementara merujuk laporan Intertek Testing Services, emncatat bahwa ekspor bakal naik 7,3% .

BACA JUGA: Harga Referensi CPO Turun, BK CPO US$ 18/MT dan PE CPO US$ 75/MT, Periode 16-31 Oktober 2023

Malaysia telah mempertahankan pajak ekspor minyak sawit mentah pada bulan November sebesar 8% dan menurunkan harga referensi, berdasarkan surat edaran di situs web Dewan Minyak Sawit Malaysia pada hari Selasa.

Maish dilansir Reuters, harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian berkode DBYcv1 naik 0,1%, sedangkan kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 turun 0,3%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 0,1%.

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lain lantaran mereka bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar minyak nabati global.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Kaltim Periode I-Oktober 2023 Turun Rp. 41,88/kg, Cek Harganya..

Minyak mentah berjangka turun lebih dari US$1 per barel seiring meningkatnya ekspektasi bahwa AS dan Venezuela akan segera mencapai kesepakatan untuk mengurangi sanksi terhadap ekspor minyak mentah Venezuela, sementara para pedagang mengatakan konflik Israel-Hamas tampaknya tidak mengancam pasokan minyak dalam jangka pendek. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com