Geopolitik Dunia Untungkan Minyak Sawit

oleh -3473 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pelabuhan Khusus Ekspor CPO.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga minyak sawit sampai saat ini umumnya memang masih dipengaruhi faktor fundamental, seperti permintaan (demand) dan Pasokan (supply), termasuk pergerakan harga minyak mentah dan minyak nabati lainnya.

Tentu saja faktor geopolitik juga pada akhirnya memberikan dampak, seperti terjadi pada 2022 lalu, dimana perang antara Rusia dan Ukraina, yang mana kedua negara tersebut merupakan produsen utama minyak bunga matahari, dan 70% pasar minyak bunga matahari di Uni Eropa berasal dari keduanya.


Tentu saja perang telah mengakibatkan rantai pasokan tersendat, pada akhirnya Uni Eropa selaku konsumen mengalami defisit pasokan dan ujungnya memilih untuk kembali menggunakan minyak sawit, walaupun sebelumnya Uni Eropa sangat getol mendorong industri makanan dan energi nya untuk tidak menggunakan minyak sawit.

BACA JUGA: Langkah Strategis Pemda Bengkalis Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat

Tak hanya Uni Eropa, semua negara konsumen minyak nabati pun terkena dampaknya, sehingga kala itu harga minyak sawit pun melambung tinggi, ditambah Indonesia pada Maret 2022 melakukan penghentian ekspor akibat masalah pasokan minyak  goreng di dalam negeri.

Puncaknya harga minyak sawit melambung tinggi dan tembus RM 6.000 per ton, menjadi harga tertinggi sepanjang dekade terakhir. Kenaikan harga ini membuat ekonomi negara konsumen minyak nabati kian tertekan, ditambah musibah Covid-19 masih belum tuntas diatasi saat itu.

Beberapa negara konsumen seperti India, Pakistan dan Bangladesh mulai menurunkan permintaan minyak sawit, akibat harga yang sangat tinggi. Negara-negara itu mulai menambah pasokan minyak kedelai, lantaran perbedaan harga yang tidak jauh, bahkan sempat harganya dibawah minyak sawit.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 24 Oktober 2023 Turun 1,8 Persen

Iya, bila dunia diguncang masalah, maka kemungkinan besar minyak sawit akan memperoleh berkah dengan harga tinggi, kendati dilain pihak banyak negara akan tertekan ekonominya. Lantas bagaimana dengan harga minyak sawit kedepannya?

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com