Hadapi EUDR, Berikut Strategi yang Telah Dilakukan Pemerintah

oleh -2497 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. InfoSAWIT/ Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud, pada acara Pekan Riset Sawit Indonesia 2023 (PERISAI 2023).

Kata Musdhalifah, langkah-langkah proaktif juga telah diambil dalam mengatasi tantangan keberlanjutan, termasuk revisi terhadap kebijakan ISPO, pemantauan ketat terhadap rantai pasok dari hulu hingga hilir, dan upaya keras dalam memasuki pasar biodiesel dan biomass dengan produk sawit yang berkelanjutan.

Termasuk dukungan riset yang juga telah diperkuat. Data dan temuan dari riset ini, kata Musdhalifah, akan menjadi dasar untuk memandu industri dan masyarakat dalam memahami keberlanjutan sawit. Melalui kerjasama antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat, riset ini diharapkan dapat memberikan panduan yang akurat dan mendalam dalam membangun industri sawit yang berbasis pada prinsip-prinsip keberlanjutan.


“Riset ini harus dapat betul-betul dimanfaatkan masyarakat dan industri kita supaya industri kita tetap sustainable, sekaligus untuk mewujudkan kelapa sawit berkelanjutan,” tandas Musdhalifah. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com