Helm Proyek Berbahan Sawit Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara

oleh -1367 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/Ilustrasi Helm Proyek.

InfoSAWIT, BALIKPAPAN Produk UKM dari bahan kelapa sawit kini semakin beragam, salah satunya adalah helm proyek yang menjadi bagian penting dalam standar keselamatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk mempromosikan penggunaan produk UKM sawit, tim Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan kunjungan ke booth Otorita IKN dalam kegiatan Indonesia City Expo (ICE) 2024 di BSCC Dome Balikpapan pada 6 Juni 2024.

Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS, Helmi Muhansyah, menjelaskan berbagai upaya BPDPKS dalam membangun kemitraan UKMK sawit. Helmi menyoroti peluang kolaborasi dengan Otorita IKN, terutama dalam konteks pembangunan berkelanjutan.


“Kegiatan-kegiatan UKMK sawit sangat potensial untuk dikolaborasikan, terutama karena salah satu konsep dalam pembangunan IKN adalah menerapkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga sejalan dengan prinsip-prinsip pengembangan sawit berkelanjutan,” ungkap Helmi dalam keterangannya yang diterima InfoSAWIT ditulis Sabtu (8/6/2024).

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Naik 1,13 Persen Pada Jumat (7/6), Harga CPO Mingguan Naik 0,5 Persen

Lebih lanjut, terdapat beragam produk turunan sawit, termasuk hasil grant riset sawit yang dapat dikembangkan untuk masyarakat. Di sekitar wilayah IKN terdapat banyak perkebunan sawit rakyat, sehingga pekebun dapat mendapatkan nilai tambah dari hasil sawit. Termasuk akan mendorong percepatan tercapainya salah satu prinsip dari delapan prinsip Ibu Kota Negara, yaitu peluang ekonomi untuk semua.

Dalam kesempatan tersebut, BPDPKS menyerahkan salah satu produk UKM sawit yang telah mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI), yaitu helm proyek sawit, kepada perwakilan Otorita IKN, Dr. Dwi Agus Susilo, dari kedeputian Transformasi Hijau dan Digital.

Helm proyek sawit merupakan inovasi biomaterial yang didukung oleh riset dan hilirisasi dari BPDPKS. Cangkang helm terbuat dari komposit dengan filler serat mikropartikel tandan kosong kelapa sawit (TKKS), yang telah tersertifikasi SNI dan memiliki paten granted P00201609159 serta paten brand D002017041221 dengan TKDN 71,12%. Inovator helm sawit adalah Dr. Siti Nikmatin dari IPB University. Helm green composite berbahan sawit ini memiliki keunggulan berupa daya tahan tinggi terhadap benturan, ringan, ramah lingkungan karena berbahan biomass sawit, serta tidak panas saat digunakan.

BACA JUGA: Diperlukan Satu Lembaga Pemerintah Untuk Sepenuhnya Memanfaatkan Potensi Minyak Sawit

Komersialisasi helm sawit dilakukan oleh UKM seperti PT Interstisi Material Maju (PT IMM) dan PT Material Data Space (PT MDS), yang menjadi bagian dari UKMK sawit mitra BPDPKS. Produk ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara serta membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com