Polda Kalteng Tingkatkan Pengamanan Kebun Sawit untuk Cegah Pencurian

oleh -4494 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
info sawit
Dok. InfoSAWIT/Pencurian buah sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) bersama Satuan Tugas Penyelesaian Konflik Sosial (Satgas PKS) intensif mengamankan kebun-kebun sawit di wilayah tersebut guna mencegah aksi pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Upaya ini dilakukan dengan patroli rutin dan sosialisasi aktif ke masyarakat setempat.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, menyampaikan bahwa penjarahan buah sawit telah berkurang signifikan sejak peningkatan kegiatan patroli oleh aparat kepolisian dan Satgas PKS. Mereka turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Kami terus mengimbau masyarakat agar tidak terlibat dalam aksi pencurian sawit, dan tetap menjaga situasi agar kondusif,” ujar Djoko Poerwanto dalam diskusi publik di Jakarta, dilansir InfoSAWIT dari Antara di tulis Senin (24/6/2024).

BACA JUGA: Ketua FPKS Kutim Nasaruddin Tuntut Dorong Hilirisasi Industri Sawit Lokal

Selain patroli, kegiatan sosialisasi juga dilakukan terkait Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18/2021 tentang Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM). Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak salah dalam penafsiran aturan, yang bisa menimbulkan polemik di tengah-tengah mereka.

Meskipun demikian, Djoko mengakui, bahwa kondisi sosial ekonomi masyarakat yang sulit kadangkala mendorong mereka untuk mencari jalan pintas dengan memanfaatkan informasi yang belum tersosialisasi dengan baik.

Sejalan dengan upaya pencegahan, Polda Kalteng berhasil mengamankan 13 orang terduga pelaku pencurian TBS beserta barang bukti di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada bulan Mei 2024. Untuk memastikan keamanan lebih lanjut, 358 personel kepolisian serta 86 personel TNI dikerahkan untuk menjaga keamanan di area tersebut.

BACA JUGA: Aliansi Minyak Sawit Asia Desak Hindustan Unilever Pertimbangkan Pengurangan 25% Minyak Sawit dalam Sabun

Kapolda menegaskan pentingnya kolaborasi antara pelaku usaha kebun, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif di Kalimantan Tengah. Strategi ini diharapkan dapat meminimalisir potensi konflik sosial yang bisa terjadi di daerah tersebut. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com