Indonesian Planters Society di Medan, Bahas Pengendalian Ganoderma di Sawit

oleh -4747 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ Indonesian Planters Society (IPS) kembali menggelar Talkshow Planters ke-5 di Medan, bahas ganoderma di sawit pada Jumat (5/7/2024).

InfoAWIT, MEDAN – Indonesian Planters Society (IPS) kembali menggelar Talkshow Planters ke-5 di Medan, menyusul suksesnya acara serupa yang sebelumnya diadakan di kota yang sama. Talkshow Planters kali ini diadakan di Karibia Boutique Hotel pada 5 Juli 2024, dilanjutkan dengan kegiatan Field Trip ke PT Socfindo Indonesia pada keesokan harinya, 6 Juli 2024.

Acara ini menjadi ajang diskusi penting mengenai inovasi, perkembangan teknik, dan pengendalian Ganoderma di perkebunan kelapa sawit. Sebanyak 215 peserta hadir, terdiri dari karyawan perusahaan kelapa sawit besar, akademisi, dan perwakilan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IPS Jamalul menyampaikan, bahwa acara ini berawal dari keprihatinan para planters yang tergabung dalam IPS terhadap penyakit Ganoderma yang mengancam perkebunan kelapa sawit nasional.

BACA JUGA: Alasan Penolakan EUDR Peroleh Dukungan Global

Terlebih sejarah perkebunan Kelapa sawit  di Indonesia dimulai  dari Sumatera Utara pada tahun  1911 di Sungai Liput, Pulo Raja dan Deli Muda  Surnatera Utara, dengan demikian jika rata­ rata  umur  ekonomis Kelapa sawit kita anggap 25 tahun, maka tanaman yang ada sekarang  ini sudah  memasuki generasi yang ke 5 khususnya di Sumatera Utara.

“Oleh  sebab  itu  tidak  heran  jika  hal  ini  mempunyai konsekuensi  terhadap  permasalahan  penyakit  akar  seperti Ganoderma yang kita alami  saat  ini,” kata Jamalul dalam keteranganya kepada InfoSAWIT, Sabtu (6/7/2024).

Isu Ganoderma kembali menjadi pembicaraan hagat saat IPS mengadakan Seminar Nasional Planter Indonesia (SNPI) ke-3 di Jakarta pada Mei 2024 lalu. Oleh karena itu, IPS berinisiatif mempertemukan para pemangku kepentingan perkebunan kelapa sawit dalam forum Talkshow Planters yang bertajuk “Inovasi Terkini Pengendalian Ganoderma yang Berkelanjutan di Perkebunan Kelapa Sawit Berdasarkan Penelitian dan Praktek Lapangan”.

BACA JUGA: BPDPKS Dorong Kesetaraan dan Nondiskriminasi Gender dalam Industri Sawit

“Kami berharap para peneliti, akademisi, dan praktisi perkebunan kelapa sawit terus bekerja sama melakukan terobosan dalam pengendalian Ganoderma, sehingga perkebunan kelapa sawit sebagai penyumbang devisa negara dan sumber energi di masa depan dapat lestari sepanjang masa,” tambah Jamalul.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com