Kompetensi Dituntut Meningkat, 85 Petani Sawit di Aceh Ikuti Pelatihan SDM Sawit Diadakan IPB Training Bersama BPDPKS dan DitjenBun

oleh -1415 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. IPB Training untuk InfoSAWIT/85 petani sawit dari Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya Ikuti pelatihan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit, pada 1-5 Juli 2024 di Banda Aceh.

InfoSAWIT, BANDA ACEH – IPB Training bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) mengadakan pelatihan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDM PKS) di Provinsi Aceh. Pelatihan ini diikuti oleh 85 petani sawit dari Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, berlangsung selama lima hari dari 1 hingga 5 Juli 2024, bertempat di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh.

Acara ini merupakan gelombang kedua setelah pelatihan sebelumnya yang dilaksanakan pada Mei 2024, yaitu Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Angkatan 2 dan 5 serta Pelatihan Panen dan Pascapanen Angkatan 1.

Perwakilan Trainer dari IPB, Hariyadi menekankan pentingnya pelatihan bagi petani agar mereka memahami teori dan praktik dalam mengelola perkebunan sawit. “Mengelola perkebunan sawit tidak hanya dengan menanam saja tapi perlu paham teori dan praktiknya sehingga penting para peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan SDM perkebunan kelapa sawit agar dapat menambah pengetahuan dan keterampilan,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Sabtu (6/7/2024).

BACA JUGA: Indonesian Planters Society di Medan, Bahas Pengendalian Ganoderma di Sawit

Sementara, Eva Lizarmi dari Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian menyampaikan, bahwa sawit adalah salah satu komoditas penyumbang penerimaan negara terbesar di Indonesia, sehingga pelatihan untuk petani sawit sangat diperlukan.

“Sawit merupakan komoditas terbesar sebagai penyumbang penerimaan negara Indonesia, oleh karena itu bersama BPDPKS diadakan pelatihan SDM PKS agar bapak ibu dapat mengetahui pengelolaan sawit yang baik dan benar,” ujarnya.

Apuk Ismane dari BPPSDMP menjelaskan bahwa program pelatihan sawit ini adalah kegiatan kolaborasi dengan lembaga training, salah satunya adalah IPB Training, dan telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia.

BACA JUGA: Pantau Hilirisasi Industri Sawit, Komisi VII DPR RI Kunjungi Kawasan Industri Sawit di Kobar

Azanuddin, yang mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat diikuti oleh lebih banyak petani sawit dari daerah lainnya di Provinsi Aceh. “Kami berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan diadakannya kegiatan pelatihan sawit ini cukup bagus dan diharapkan dapat semakin meluas ke daerah lainnya,” katanya.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com