Pemkab Luwu Timur Sosialisasikan Program Dana Bagi Hasil dari Sektor Sawit

oleh -689 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Pemkab Luwu Timur/ Pemkab Luwu Timur Sosialisasikan Program Dana Bagi Hasil Sawit.

InfoSAWIT, LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengadakan Sosialisasi Pendataan Kebun Sawit Program Dana Bagi Hasil (DBH) Kelapa Sawit. Acara ini berlangsung di Aula BPP Kecamatan Burau dan dihadiri oleh 151 peserta, termasuk aparatur desa se Kecamatan Burau, Petugas Pendata, PPL Pendamping, serta masyarakat petani.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala DPKP Luwu Timur, Amrullah Rasyid, yang mewakili Bupati Luwu Timur. Dalam sambutannya, Amrullah Rasyid menyampaikan bahwa sektor pertanian, khususnya perkebunan, berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Luwu Timur. “Dengan pertumbuhan mencapai 21,49 persen pada tahun 2022,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Pemkab Luwu Timur, ditulis Selasa (9/7/2024).

Ia juga mengungkapkan peningkatan alokasi dana untuk sektor pertanian dari Rp. 43 miliar menjadi Rp. 82 miliar pada tahun 2024. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah tersebut.

BACA JUGA: 

Selain itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Muhtar, menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat guna mendukung pengambilan kebijakan dan regulasi dalam pembangunan kelapa sawit di Indonesia. Muhtar juga menargetkan penerbitan dua ribu Surat Tanda Daftar Budidaya (STD-B) oleh delapan puluh tim pendata hasil dari kegiatan ini.

Acara ini turut dihadiri oleh dua narasumber dari Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel dan Perwakilan ATR/BPN. Sosialisasi pendataan kebun sawit rakyat ini direncanakan akan dilaksanakan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Burau, Mangkutana, dan Tomoni. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com