infosawit

Akhirnya Harga TBS Sawit Petani Swadaya Anjlok di Bawah Rp 1.000/kg



foto: Caesare Fathurrahman/Sawitfest 2021
Akhirnya Harga TBS Sawit Petani Swadaya Anjlok di Bawah Rp 1.000/kg

InfoSAWIT, JAKARTA – Para petani kelapa sawit swadaya terus dilanda kecemasan melihat penurunan harga tandan buah segar (TBS) sawit yang terjadi setiap hari. Mereka cemas dan khawatir kalau suatu waktu harga TBS sawit bisa anjlok lebih dalam, turun di bawah Rp 1.000/kg.

Akhirnya kekhawatiran itu terjadi juga. Soaduon Sitorus (47), petani sawit yang memiliki kebun sawit di Provinsi Riau, kepada InfoSAWIT, Selasa (21/6/2022), mengaku mendapatkan informasi anjloknya harga TBS di bawah  Rp 1.000/kg dari pihak pemegang delivery order atau surat pengantar buah (DO/SPB).

"Disebutkan, mulai Rabu (22/6/2022), harga pembelian TBS BSS melalui DO Mus turun Rp 170/kg untuk buah lokal menjadi Rp 890/kg dan Rp 990/kg untuk TBS kualitas spesial," kata Soaduon.

Sementara dari Jambi, Gafar, seorang petani sawit swadaya anggota Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE), menyebutkan harga TBS di PT SMS turun Rp 170/kg menjadi Rp 990/kg melalui DO MS. Sementara untuk TBS sawit lokal, kata Gafar, dihargai Rp 940/kg melalui pembelian pihak Ram CV AJA.

Dari informasi lainnya, harga TBS sawit di PT PJS juga turun di bawah Rp 1.000/kg menjadi Rp 920/kg melalui DP Umum.

Dari Provinsi Sumatera Selatan, dilaporkan harga pembelian TBS PT BAS turun Rp 795/kg untuk TBS reguler dan Rp 895/kg untuk TBS premium melalui DO AAA. Harga pembelian TBS di PT BOS juga turun menjadi Rp 860/kg, dan harga pembelian di Ramp Gojaya Rp 795/kg. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit