Apical Distribusi Minyakita di Semarang, Dukung Kebijakan DMO Sawit

oleh -2441 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, SEMARANG – Apical Group salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sawit sehat dan berkelanjutan menggelar bazaar minyak goreng dan edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 kepada masyarakat di Semarang, melalui pelepasan bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di halaman kantor Gubernur pada Jumat (24/2/2023).

Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan truk untuk memasok minyak goreng Minyakita di Semarang meliputi 4 (empat) pasar pantauan, yaitu Pasar Karangayu, Pasar Gayam Sari, Pasar Bulu, Pasar Peterongan dan 25 pasar lainnya di wilayah Semarang bersama dengan PT Rajawali Nusindo (ID Food). Ini merupakan wujud dukungan penuh Apical terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Kegiatan ini juga dilakukan untuk menyikapi adanya kelangkaan Minyakita, minyak goreng sawit program Pemerintah yang diluncurkan pada tahun 2022 lalu, di pasaran serta melonjaknya harga Minyakita yang telah melampaui HET.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengimbau masyarakat agar tidak menimbun minyak goreng yang telah dibagikan pemerintah. “Kami berharap masyarakat jangan rebutan. Jangan sampai ini minyak (goreng) biasanya itu datang banyak langsung diborong. Kita berbagi, masyarakat banyak yang membutuhkan. Secukupnya saja, tidak perlu kita beli untuk satu tahun ke depan”, ujar Taj Yasin Maimoen dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (2/2/2023).

BACA JUGA: Kemendag Pastikan Pasokan MINYAKITA Aman dan Tercukupi di Jawa Tengah

Taj Yasin Maimoen menambahkan, pemerintah terus memantau peredaran MinyaKita di masyarakat melalui Satgas Pangan di Jawa Tengah. Diharapkan pendistribusian minyak goreng seharga Rp. 14.000 per liter ini dapat sampai ke masyarakat secara merata. Ia meminta agar masyarakat turut mengawasi supaya tidak terjadi penimbunan.

“Pendistribusian minyak ini kita atur ya, sekarang ada Satgas Pangan. Ini tujuannya untuk memberikan trust masyarakat kepada kita bahwa kami bekerja, tapi tetap harus ada kerjasama antara masyarakat memberikan informasi update kepada kita untuk selalu menjaga stabilitas harga di masyarakat,” papar Taj Yasin Maimoen.

BACA JUGA: Saksi Ahli Perkara Minyak Goreng Sawit Nasional Sebut Kebijakan HET Kurang Tepat

Sementara Head of Industry & Government Relations Apical Group, Manumpak Manurung mengungkapkan, bahwa beberapa pekan terakhir terdapat kelangkaan Minyakita di berbagai daerah dan melonjaknya harga Minyakita jauh di atas HET Rp 14.000.  “Melalui kegiatan ini, Apical berupaya mendukung Pemerintah khususnya di Semarang dengan menyediakan minyak goreng yang terjangkau untuk masyarakat sesuai HET,” katanya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com