Saatnya Cerdas Mengelola Isu di Sektor Sawit

oleh -2357 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Domi Yanto

InfoSAWIT, JAKARTA – Anda boleh percaya atau tidak, bahwa masalah sosial di perkebunan saat ini telah mencapai 50%-60% dibandingkan dengan masalah teknis di lapangan.

Faktanya konflik-konflik sosial yang sekarang berkembang hampir terjadi di semua sektor perkebunan, khusus untuk perkebunan kelapa sawit, konflik ini terjadi karena adanya perubahan paradigma sosial dalam mengelola. Sementara bagi pengelola bisnis, terjadinya perubahan paradigma ini, sudah dimulai sejak masa Orde baru, selanjutnya masa reformasi dan perubahan ini lebih terasa lagi pada paska masa reformasi.


Biasanya isu sosial yang menonjol pada masa paska reformasi adalah mencuatnya isu Hak Asasi Manusia (HAM), isu kebebasan untuk berekspresi, ada juga isu otonomi daerah hingga Isu yang menyangkut political dan social risk.

BACA JUGA: Masih Lesu, Harga CPO KPBN 21 Maret 2023 Turun Tipis Cenderung Stagnan

Bidang usaha yang berdampak besar sebagai akibat perubahan paradigma ini adalah pada bidang perkebunan, bidang usaha industri, hingga bidang usaha infrastruktur. Yang mana bidang perkebunan menjadi yang terberat.

Musababnya sektor perkebunan adalah sektor padat karya yang melibatkan banyak orang dan pihak, termasuk masyarakat. Sehingga potensi konflik akan sangat sering muncul, apalagi regulasi pertanahan di Indonesia masih banyak yang tumpang tindih.

Maka  itu perlu berbagai upaya yang dilakukan, tentunya untuk mengurangi atau setidaknya meminimalisir  isu sosial tujuannya guna mengurangi risiko kerugian,  dengan demikian diperlukan terobosan- terobosan baru dalam upaya tersebut, supaya risiko sosial minim dan mengurangi dampak dominonya.

BACA JUGA: Pemerintah Indonesia Bakal Miliki Perusahaan Sawit Terbesar di Dunia

Perusahaan perkebunan kelapa sawit sejatinya telah mengalokasikan biaya dan Investasi sosial yang tepat, namun demikian dalam membangun sosial bisnis diperlukan strategi hingga perencanaan mitigasi sosialnya.

Penulis: Kamsen Saragih /Direktur Utama PT ISL

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Januari 2023

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com