Pemerintah Babel Tergetkan Peremajaan Sawit Seluas 900 ha Tersebar di 3 Kabupaten

oleh -3292 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/ foto: Triwan Hasudungan Hutagaol

BANGKA TENGAH – Diungkapkan kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Edi Romdhoni, target luasan peremajaan sawit di Babel seluas 900 ha telah disepakti dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melalui perjanjian kerjasama yang ditandatangani di Jakarta, Senin (20/03/2023) lalu.

Kata dia, lokasi peremajaan sawit rakyat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 akan tersebar di tiga kabupaten. Terluas berlokasi di Bangka Selatan seluas 500 hektar disusul Kabupaten Bangka 300 hektar, dan Bangka Tengah memperoleh kuota 100 hektar.


“Kenapa Bangka Tengah sedikit karena Bangka Tengah sudah menyelesaikan (PKSP) dari tahun 2019, itu sudah 582 hektar Sementara yang lain masih di bawah itu. Besok kalau 100 hektar ini tuntas lagi sudah 682 hektar,” jelas Edi seperti dilasir InfoSAWIT dari laman resmi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Babel.

BACA JUGA: Rakor Sawit Nasional Mensinergikan Seluruh Stakeholder Sawit untuk Genjot PSR

Lebih lanjut Edi memaparkan, program program peremajaan sawit merupakan salah satu strategi pemerintah unuk meningkatkan produktifitas kelapa sawit melalui peremajaan tanaman. Karena itu ia mendorong petani untuk memanfaatkan program tersebut  dalam rangka meningkatkan produksi.

“Bangka Belitung harus mengambil kesempatan itu biar nanti produktifitas kita lebih tinggi lantaran ditingkat nasional sudah 3,89 ton CPO per hektar, sedangkan di Bangka Belitung baru 3,3 ton CPO per hektar,” katanya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com