Saham Emiten Sawit AALI Rontok, Menyusul Turunnya Harga Saham Emiten ASII, Ada apa?

oleh -5455 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Saham emiten induk Grup Astra yaitu PT Astra International Tbk, mengalami penurunan harga jual Saham. Berdasarkan pantauan Redaksi InfoSAWIT pada Jumat (5/5/2023), pada transaksi penjualan saham di Bursa Efek Indonesia, saat pantauan pada pagi hari, saham ASII mengalami penurunan harga sebesar 6,82%, harga jual saham menjadi Rp 6.150 per lembar saham.

Bahkan kejadian turunnya harga jual saham itu, turut menyebabkan saham ASII mencapai ARB. Sebagai informasi, ARB adalah kependekan dari “Automatic Order Execution- Retail Broker”. Dalam konteks perdagangan saham, ARB mengacu pada sebuah sistem perdagangan otomatis di mana pesanan pembelian atau penjualan saham diproses secara otomatis oleh perusahaan pialang atau broker.


Pada umumnya, ARB digunakan untuk menghindari keterlambatan atau kesalahan manusia dalam pemrosesan pesanan perdagangan saham. Dalam sistem ARB, pesanan akan secara otomatis dieksekusi berdasarkan aturan-aturan tertentu, seperti harga dan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya oleh investor.

BACA JUGA: Harga Saham PT Astra Agro Lestari Tbk Cenderung Melemah, Paska Turunnya IHSG

Saat saham mencapai harga yang ditentukan oleh investor, pesanan akan diproses secara otomatis oleh sistem ARB tanpa adanya campur tangan dari broker atau pialang. Hal ini memungkinkan investor untuk menghindari keterlambatan dalam pengambilan keputusan dan mempercepat proses perdagangan saham.

Sebagai informasi tambahan, PT Astra International Tbk (ASII) memiliki kepemilikan mayoritas pada PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), yaitu produsen kelapa sawit terkemuka di Indonesia. Saat ini, ASII memiliki kepemilikan sebesar 79,71% saham AALI.

Kepemilikan mayoritas ASII pada AALI memungkinkan ASII untuk memiliki kendali penuh atas operasi perusahaan kelapa sawit tersebut. Selain itu, melalui AALI, ASII juga dapat memperluas bisnisnya ke sektor kelapa sawit dan produk turunannya.

BACA JUGA: Ini Alasan Perusahaan Internasional Ogah Serap Minyak Sawit Astra Agro

ASII dan AALI juga memiliki sinergi yang kuat dalam pengelolaan lahan perkebunan kelapa sawit, pengolahan dan pemasaran produk kelapa sawit. Hal ini memungkinkan kedua perusahaan untuk saling memperkuat bisnis masing-masing dan mencapai keuntungan yang lebih tinggi secara bersama-sama.

Dalam struktur kepemilikan ASII, AALI termasuk dalam segmen bisnis “Agribisnis” bersama dengan perusahaan-perusahaan seperti PT United Tractors Tbk dan PT PAM Lyonnaise Jaya Tbk. (T1)

Disclaimer: Tulisan ini hanya sebagai referensi bacaan yang bermutu. Tidak untuk mengajak atau mempengaruhi keputusan seseorang dalam berinvestasi. Segala tindakan yang diambil dalam berinvestasi saham, bukan menjadi tanggung jawab penulis.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com