Bengkalis Targetkan Peremajaan Sawit Rakyat 500 ha di 2023

oleh -1406 Dilihat
infosawit
Dok. Isitmewa

InfoSAWIT, MANDAU – Kabupaten Bengkalis telah memiliki luas perkebunan kelapa sawit yang cukup luas. Menurut data statistik perkebunan tahun 2021, terdapat sekitar 130.547,7 hektar lahan perkebunan kelapa sawit rakyat dengan jumlah pekebun sebanyak 41.650 KK yang tersebar di seluruh kecamatan.

Diungkapkan Bupati Bengkalis, Kasmarni, potensi tersebut harus dioptimalkan secara berkelanjutan karena merupakan salah satu pilar perekonomian masyarakat, sebab itu pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah mengeluarkan kebijakan penting yang memberikan kesempatan kepada pekebun rakyat untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Lebih lanjut Kata Kasmarni, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah program peremajaan perkebunan kelapa sawit, yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 24 Mei 2023 Turun Lagi Rp 98/Kg

“Pada tahun 2023, pemerintah menargetkan program peremajaan kelapa sawit pekebun seluas 500 hektar di Kabupaten Bengkalis,” katanya saat membuka Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, Selasa, (23/5/2023) di Hotel Susuka Duri.

Kasmarni berharap program ini dapat diimplementasikan dan dinikmati oleh pekebun, serta mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk mencapai kemandirian, kedaulatan, dan kesejahteraan petani kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis.

Dalam acara sosialisasi ini, Kasmarni mengajak semua pihak untuk memperkuat sinergi, koordinasi, pemahaman, dan persepsi yang sama dalam merealisasikan program peremajaan kelapa sawit rakyat ini.

BACA JUGA: Disbun Kaltim Dorong Perkebunan Sawit Rakyat Adopsi ISPO

“Mengimbau kepada para camat, kepala desa, UPT, PPL, dan pihak terkait lainnya untuk membantu pekebun dalam mendapatkan program ini sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya seperti dikutip InfoSAWIT dalam laman resmi Kabupaten Bengkalis.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Hendri dan Rianto, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis, Muhammad Azmir, serta sejumlah pejabat tinggi dan peserta sosialisasi lainnya. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)