Delegasi CPOPC Kunjungi Ekuador, Potensi Menjadi Anggota Baru

oleh -2531 Dilihat
infosawit
Dok. CPOPC/Kunjungan Delegasi CPOPC ke Ekuador

InfoSAWIT, JAKARTA – Dewan Negara-negara Produsen Minyak sawit (CPOPC) sebagai organisasi antar pemerintah yang mewakili negara-negara penghasil minyak sawit memperkuat industri minyak sawit dengan mengundang negara-negara penghasil minyak sawit lainnya dari Afrika, Amerika Tengah dan Asia Pasifik. Sebagai bagian dari program pengenalan, delegasi CPOPC mengunjungi Ekuador pada 24 Maret 2023 lalu.

Kunjungan tersebut merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan pada 21 Februari 2023 di Jakarta. Pertemuan itu membahas peran kelapa sawit dalam ketahanan pangan. Direktur Keberlanjutan dan Petani Kecil CPOPC, Witjaksana Darmosarkoro mengucapkan apresiasi atas kehadiran dan informasi yang diberikan para peserta pertemuan.


Berdasarkan ProPalma, presentasi asosiasi industri minyak sawit Ekuador, Ekuador sebagai negara produsen minyak sawit mencatatkan penurunan produksi minyak sawit setiap tahunnya. Dalam diskusi dengan pemerintah dan asosiasi petani, mereka melihat bahwa kemitraan dengan CPOPC akan membuka peluang peningkatan produksi minyak sawit. Mereka juga menunjukkan minat untuk menerapkan Kerangka Prinsip Global untuk Kelapa Sawit Berkelanjutan.

BACA JUGA: CPOPC Bakal Lakukan Misi Bersama ke Uni Eropa Terkait Peraturan Deforestasi UE

Di sisi lain, delegasi CPOPC mengatakan akan memperbarui kemitraan Ekuador dengan CPOPC. Mereka juga akan mengundang mereka untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri ke-11 pada Mei 2023 di Malaysia sebagai negara tamu. Ini akan mencakup acara pelantikan untuk Honduras sebagai anggota CPOPC terbaru.

Indonesia dan Malaysia adalah pendiri dan anggota CPOPC saat ini. Kolombia, Ghana, dan Papua Nugini adalah negara-negara dalam transisi ke keanggotaan penuh, sementara Honduras akan memulai status keanggotaan resminya pada Mei 2023.

BACA JUGA: CPOPC Mendorong Sertifikasi ISPO dan MSPO Diakui Uni Eropa

“Ekuador telah menyatakan minat dan kesediaannya untuk membahas tentang keanggotaan tersebut,” ucap delegasi CPOPC dikutip InfoSAWIT dari Palm Oil Business Review Vol 3. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com