Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Kembali Melorot, Capai Level Terendah dalam Sebulan

oleh -3253 Dilihat
infosawit
Dok. NST/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, JAKARTA – harga minyak sawit mentah (CPO) pada Bursa Berjangka Malaysia kembali turun untuk sesi ketiga berturut-turut pada Rabu (31/5/2023) dan mencapai level terendah dalam hampir sebulan.

Dilansir Reuters, kontrak harga minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Agustus 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 3,03% menjadi RM 3.289 (US$ 744,08) per ton pada perdagangan pagi ini.


Harga kontrak minyak sawit nampaknya akan kembali mengalami penurunan bulanan hari ketiga karena melemahnya harga minyak nabati lainnya, serta adanya perkiraan kenaikan output pada bulan Mei 2023.

BACA JUGA: BPDPKS dan GAPKI Kolaborasi Memajukan Industri Kelapa Sawit Melalui Riset dan Pengembangan

Merujuk laporan surveyor kargo Intertek Testing Services, ekspor minyak sawit Malaysia selama periode 1-25 Mei turun 0,7% dari periode yang sama di April. Sementara AmSpec Agri Malaysia, mencatat ekspor naik 0,7%.

Diungkapkan para analis produksi sawit Mei 2023 diperkirakan akan meningkat antara 20% dan 30% dibanding produksi April, meningkat dari posisi terendah karena adanya  liburan Hari Raya.

BACA JUGA: Di Depan CSOs dan NGOs Uni Eropa, Menko Airlangga Menolak Diskriminasi Sawit Melalui EUDR

Sementara harga kontrak minyak kedelai pada Bursa Dalian berkode DBYcv1 turun 4,11%, sementara kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 turun 4,39%. Harga minyak di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 1,32%. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com