Airlangga Hartarto Penuhi Panggilan Kejagung Terkait Dugaan Korupsi Izin Ekspor CPO,  Sebelumnya Sempat Mangkir

oleh -4291 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa/Menko Airlangga Hartarto Penuhi Panggilan Kejagung Terkait Dugaan Korupsi Izin Ekspor CPO.

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sempat sebelumnya tidak memenuhi panggilan Kejaksaan Agung, akhirnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi panggilan pemeriksaan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Senin (24/7/2023).

Airlangga turun dari mobil Toyota berpelat B 2585 SJI. Ia lantas mengacungkan jempol dan menyapa awak media yang sedang ada di kejagung.

Dalam kasus ini Airlangga menjadi saksi terkait dugaan korupsi izin ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya, termasuk minyak goreng periode 2021-2022.

BACA JUGA: Kejagung Tetapkan Tiga Tersangka Korporasi Sawit Terkait Dugaan Korupsi Minyak Goreng

Dilansir Kompas, keterangan Airlangga dalam kasus ini dibutuhkan untuk melengkapi proses penyidikan yang tengah berjalan.

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan tiga perusahaan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi izin ekspor minyak sawit mentah CPO dan turunannya.

Ketiga perusahaan itu yakni Wilmar Group, Permata Hijau Group, dan Musim Mas Group. Kasus ini tengah disidik oleh pihak Kejagung. Kerugian negara akibat kasus izin ekspor CPO berdasarkan keputusan kasasi dari Mahkamah Agung yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap adalah Rp 6,47 triliun.

BACA JUGA: 6 Orang Saksi Diperiksa Terkait  Dugaan Korupsi Pemberian Fasilitas Ekspor Crude Palm Oil (CPO)

Selain itu dalam kasus yang sama, ada lima orang pelaku terkait korupsi izin ekspor CPO yang roses sidangnya sudah selesai atau inkrah. Kelimanya telah berstatus terpidana. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com