Mengenal Lebih Dekat Sang Duta Besar Sawit (Bagian 3): Mulai Bekerja dan Bangun Perusahaan Sendiri

oleh -6832 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Derom Bangun.

InfoSAWIT, JAKARTA – Setelah berhasil menyelesaikan studinya dengan menyandang gelar insinyur teknik kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1966, Derom teringat dengan pengalamannya pada masa SMA dan karena gaji dan fasilitas di  perkebunan lebih bagus, maka ia melamar ke PPN (Perusahaan Perkebunan Negara) ex Socfin pada tanggal 8 Nopember 1966. 

Pada masa itu penambahan pegawai harus mendapat izin dari Menteri Perkebunan  yang kala itu dijabat Drs Frans Seda, Singkat cerita, Derom Bangun diterima bekerja di PPN ex Socfin pada 1 Pebruari 1967 sebagai Tekniker II Perkebunan Mata Pao dan Perkebunan Bangun Bandar. Telah ditakdirkan bidang kelapa sawit inilah menjadi bidang yang ia tekuni puluhan tahun kemudian dan membawa Derom menjadi tokoh sawit yang diakui dunia.

Pada saat bekerja di Socfindo, Derom belajar bahasa Prancis, dengan pertimbangan pada suatu saat Derom harus ke Belgia dan mengunjungi Prancis. Masyarakat Belgia menggunakan dua bahasa, Belanda dan Prancis. 

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 24 Agustus 2023 Naik Rp 142/Kg

Derom senang pada profesi teknik. Keberhasilan sangat mudah dicapai, kalau pekerjaan yang kita laksanakan kita senangi. Tidak terasa capek dan membosankan. Demikian yang terjadi pada diri Derom. 

Pada saat  berkarier di Socfindo Derom berhasil memodernisasi pabrik dan membangun pabrik baru. Bukan itu saja, Derom berhasil menaikan rendemen CPO (OER) dan menurunkan kadar FFA (Free Fatty Acid). 

Derom mencari solusi untuk  untuk mengatasi dampak lingkungan akibat  buangan limbah pabrik kelapa sawit (PKS) perkebunan pemerintah dan swasta yang ketika itu (1980) belum menjadi perhatian.

BACA JUGA: RSPO Bakal Gelar RT2023 di Jakarta, Bersama Atasi Tantangan Minyak Sawit Berkelanjutan

Pada tahun 1968 sampai tahun 1972, Derom  diminta oleh Universitas Sumatra Utara (USU), Medan  untuk  menjadi dosen di Fakultas Teknik Jurusan Mesin.

Pada tahun 1968 tepatnya 16 Juni, Derom menikah dengan gadis impiannya Jendamita br Sembiring. Pasangan ini dikarunia 2 orang putra dan 1 orang putri, masing diberi nama: Fernando Bangun, Lolita br Bangun dan Ronaldo Bangun. Dari tiga orang putra-putri ini memberikannya enam orang cucu.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com