Pemkab Labuhanbatu Utara Dorong Pengelolaan Sawit Berkelanjutan Melalui Program SFITAL

oleh -2176 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infoSAWIT
Dok. Istimewa/Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara bersama ICRAF dan MAFI dukung SFITAL.

InfoSAWIT, LABUHANBATU – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara bersama dengan World Agroforestry (ICRAF) dan Masyarakat Agroforestri Indonesia (MAFI) menjalin kerja sama untuk mendukung pengelolaan sawit berkelanjutan di wilayah tersebut melalui kegiatan Sustainable Farming in Tropical Asian Landscapes (SFITAL).

Salah satu fokus utama dari program ini adalah Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Pekebun, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pekebun sawit serta penyuluh dalam menerapkan budidaya kelapa sawit sesuai dengan standar Good Agricultural Practices (GAP) Nasional yang diusulkan oleh Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).


Langkah konkret dalam mendukung program ini terlihat dalam Surat Keputusan Bupati Labuhanbatu Utara Nomor: 500.8/617/DIPERTA/RAD-KSB/IX/2023, yang menetapkan 7 Desa Percontohan. Keputusan ini dilanjutkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor: 500.8/1618/DIPERTA/2023, yang menetapkan petugas pendamping desa percontohan di 7 desa tersebut.

BACA JUGA: Gubernur Kalteng: Pentingnya Implementasi FPKM di Perkebunan Sawit di Kalteng

Dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Pembak Labura, dalam upaya melanjutkan kegiatan Training of Trainers (ToT) pada tahap 2, dilakukan pelatihan kepada 7 penyuluh pertanian di Kabupaten Labuhanbatu Utara pada tanggal 29-31 Januari 2024. Kegiatan ini kemudian diteruskan dengan kunjungan belajar pada tanggal 05 Februari 2024 di PT ASD Bakri, Kabupaten Asahan. Tema kunjungan ini adalah “Bahan Tanam Kelapa Sawit Unggul Bersertifikat.”

Kegiatan kunjungan belajar ini bertujuan agar penyuluh yang dilatih dapat memberikan pemahaman kepada petani tentang pemilihan bahan tanam kelapa sawit yang unggul bersertifikat. Selain itu, para penyuluh diharapkan dapat memahami proses seleksi pohon induk, proses penyerbukan, hingga menghasilkan seleksi benih kecambah yang unggul bersertifikat dan memiliki izin untuk dipasarkan.

BACA JUGA: Sejumlah Universitas di Yogyakarta Bahas Kurikulum Sawit

Pentingnya pemahaman ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi penyuluh dalam membuka peluang bisnis kepada kelembagaan pekebun kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Langkah-langkah konkret yang diambil oleh pemerintah setempat bersama mitra kerja sama internasional dan pihak terkait diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mendorong praktek pertanian sawit yang berkelanjutan dan sesuai dengan standar nasional. Semua ini bertujuan untuk menciptakan industri sawit yang ramah lingkungan dan berdaya saing tinggi di wilayah tersebut. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com