Prabowo-Gibran Resmi Memenangi Pemilu, Asosiasi Sawit Harapkan Hilirisasi Kian Menguat

oleh -2401 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Tiga asosiasi hilir industri sawit memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk masa jabatan 2024-2029. Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN) menyambut kemenangan pasangan tersebut dengan harapan besar terhadap kelangsungan kebijakan hilirisasi industri sawit dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Pasangan nomor urut 2 dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, Prabowo-Gibran, mendapat dukungan kuat dengan perolehan suara 58,6% dalam Pemilihan Presiden 2024. Sebab itu Direktur Eksekutif GIMNI, Sahat Sinaga, menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo-Gibran akan komitmen penuh terhadap program hilirisasi sawit.


“Saya yakin Prabowo-Gibran sangat berkomitmen dalam program hilirisasi sawit. Ke depan, Indonesia berpeluang menjadi Raja Green Fuel di dunia,” ujarnya dalam acara Buka Puasa Bersama dan Temu Media di Jakarta dihadiri InfoSAWIT, pada Kamis, 21 Maret 2024.

BACA JUGA: Peluang Inovasi Yogurt dari Susu Skim Dan Minyak Kelapa Sawit

Sahat Sinaga juga menggarisbawahi pentingnya kelanjutan program hilirisasi sawit yang telah berjalan. Dia menyebut bahwa dalam berkomunikasi dengan tim sukses Prabowo-Gibran, mereka menegaskan akan melanjutkan program tersebut dengan melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Selain itu, GIMNI juga mengusulkan pembentukan Badan Sawit Indonesia untuk mengatasi tumpang tindih regulasi di antara 17 kementerian dan lembaga pemerintah yang terlibat dalam pengurusan sawit.

Di sisi lain, APROBI menyoroti pentingnya dukungan pemerintah terhadap program biodiesel sebagai bagian dari transisi menuju energi terbarukan. Sekretaris Jenderal APROBI, Ernest Gunawan, mengharapkan regulasi yang lebih solid dan jelas untuk menghindari multitafsir yang bisa mengganggu pelaksanaan program tersebut.

BACA JUGA: Akuntan Perusahaan Sawit Diduga Lakukan Tindak Pidana Perpajakan, Berkas Dilimpahkan ke Kejaksaan

Ernest juga menyatakan kepercayaannya bahwa kehadiran Prabowo-Gibran akan menenangkan investor dalam industri biofuel di Indonesia, mengingat komitmen yang diungkapkan oleh keduanya terhadap peningkatan program biodiesel.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com