Industri Sawit Indonesia Diantara Kontribusi Ekonomi dan Isu Kerusakan Lingkungan

oleh -1949 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/Foto oleh: Miftahurrohman/Lanskap Kebun Sawit.

InfoSAWIT, SINGAPURA – Industri kelapa sawit memegang peran strategis dalam ekonomi Indonesia, menjadi tulang punggung dalam penyumbang devisa negara serta memberikan dorongan signifikan terhadap pembangunan ekonomi pedesaan. Namun, keberadaannya tidak terlepas dari tantangan lingkungan yang serius yang menuntut tindakan berkelanjutan.

Seperti dikutip InfoSAWIT dari Palm Oil Analytic, kontribusi sawit Indonesia terhadap ekonomi cukup signifikan, sebagai komoditas ekspor terbesar, minyak sawit memperkuat neraca perdagangan Indonesia dengan pendapatan mencapai rata-rata US$ 20 miliar per tahun. Permintaan global yang tinggi menegaskan peran Indonesia sebagai pemain utama dalam pasar minyak sawit dunia.


Belum lagi Industri kelapa sawit memberikan lapangan kerja bagi jutaan penduduk Indonesia, termasuk petani kecil dan pekerja perkebunan. Selain itu, melalui pembangunan infrastruktur di daerah pedesaan, seperti jalan dan sekolah, industri ini turut mendorong pembangunan pedesaan serta mengurangi tingkat kemiskinan.

BACA JUGA: Kementan Ingatkan ISPO Wajib Bagi Pelaku dan Petani di 2025

Namun demikian masih terdapat tantangan lingkungan yang mendesak, seperti isu deforestasi untuk pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit telah menyebabkan kehilangan habitat bagi spesies endemik, seperti orangutan, harimau, dan gajah. Konservasi keanekaragaman hayati menjadi suatu keharusan mendesak untuk menjaga ekosistem yang seimbang.

“Adanya Konversi lahan menjadi perkebunan monokultur mengancam keanekaragaman hayati dan stabilitas ekosistem. Ini mempengaruhi tidak hanya flora dan fauna lokal tetapi juga keberlanjutan ekosistem secara keseluruhan,” catat Palm Oil Analytic.

Sementara proses konversi lahan gambut menjadi perkebunan kelapa sawit menyebabkan emisi gas rumah kaca yang signifikan, memperburuk masalah perubahan iklim global.

BACA JUGA: Pemprov Kalsel Dorong Penerapan Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan

Guna menghindari terjadinya dampak pada lingkungan, Indonesia pun memiliki langkah menuju praktik budidaya yang berkelanjutan

Tercatat program sertifikasi, seperti RSPO, menjadi langkah penting dalam mempromosikan produksi minyak sawit yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial. Produsen yang bersertifikat harus mematuhi standar tertentu yang melindungi lingkungan dan masyarakat setempat.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com