PT RPN Gelar Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Didukung BPDPKS dan Ditjenbun Libatkan 103 Peserta

oleh -2076 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. RPN Untuk InfoSAWIT/Sebanyak 103 petani sawt peroleh Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit dari PT RPN Didukung BPDPKS dan Ditjenbun, pada 24-29 Juni 2024, di Medan.

InfoSAWIT, JAKARTA – PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN) kembali adakan pelatihan dengan modul ‘Teknis Budidaya Kelapa Sawit’, didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian. Pelatihan ini diikuti oleh 103 peserta dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara, yang dibagi menjadi tiga angkatan. Pelatihan berlangsung selama enam hari, dari 24 hingga 29 Juni 2024, di Medan.

Pelatihan ini merupakan implementasi program pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan pekebun dalam hal teknis budidaya. Direktur PT Riset Perkebunan Nusantara, Iman Yani Harahap, mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan kepercayaan dari BPDPKS dan Ditjenbun untuk menyelenggarakan pelatihan petani sawit dengan berbagai modul, salah satunya adalah modul Teknis Budidaya Kelapa Sawit.

“Pelatihan ini diikuti oleh petani sawit dari Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara, dengan beberapa tujuan yang ingin dicapai,” ujar Iman dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Rabu (26/6/2024).

BACA JUGA: Walhi Klaim Pelanggaran Astra Agro Lestari Jauh Lebih Luas dari yang Didokumentasikan

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai persiapan bahan tanam, lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman, dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

“Pada pelaksanaannya, PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) melalui Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) telah memainkan peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia di sektor perkebunan kelapa sawit. PPKS berdedikasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas para pekebun dalam sistem usaha ini,” ungkap Iman menjelaskan.

Materi pelatihan mencakup kebijakan dan regulasi usaha perkebunan kelapa sawit, bahan tanam, persiapan lahan, teknik penanaman, pemeliharaan, dan pengendalian OPT (hama, penyakit, dan gulma).

BACA JUGA: Ekspor Minyak Sawit Indonesia Turun Untuk Tujuan China, Bangladesh dan Pakistan

Sambutan dan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan ini disampaikan Herly Kurniawan selaku sekretaris tim pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementan, dan M. Apuk Ismane selaku Ketua Tim Kerja Sub Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan BPPSDMP – Kementerian Pertanian serta Kepala Bidang Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Benua Pane.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com