Wilmar Gandeng Instiper Cetak SDM Unggul Industri Sawit, Melalui Program Beasiswa

oleh -5318 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Wilmar untuk InfoSAWIT/ Wilmar Gandeng Instiper Cetak SDM Unggul Industri Sawit .

InfoSAWIT, JAKARTA – Wilmar, salah satu perusahaan global di industri kelapa sawit, telah menggandeng Institut Pertanian Stipper (INSTIPER) Yogyakarta untuk mencetak calon tenaga kerja yang terampil di sektor ini. Program beasiswa yang dijalankan ini diharapkan dapat membuka akses yang lebih luas terhadap pendidikan tinggi sekaligus menyiapkan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri sawit.

Human Capital Head Wilmar, Erlina Panitri, menyatakan bahwa beasiswa ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi anak karyawan dan masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah operasional perusahaan. Tujuannya adalah agar mereka dapat memiliki keahlian yang dibutuhkan, sehingga berpeluang mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

“Selama ini banyak sekali anak yang tidak mampu tetapi berkemauan besar untuk sekolah lebih tinggi. Melalui Wilmar Indonesia Scholarship ini, kami ingin menjembataninya,” ujar Erlina dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT pada Rabu, 26 Juni 2024.

BACA JUGA: Bumitama Agri Masuk Daftar Bergengsi Fortune Southeast Asia 500

Selain memberikan akses ke pendidikan tinggi, Wilmar dan INSTIPER berupaya menyiapkan calon tenaga kerja unggul yang sesuai dengan kebutuhan industri sawit. Langkah ini diharapkan dapat mendukung pendidikan generasi muda serta berkontribusi terhadap pengembangan keberlanjutan industri sawit. Proses seleksi beasiswa melibatkan guru dari sekolah calon peserta dan INSTIPER, memastikan kualitas calon penerima beasiswa.

Dalam beasiswa tersebut, Wilmar menyediakan berbagai fasilitas seperti biaya hidup dan pendidikan, pendampingan, monitoring, materi kuliah, pengajar dari karyawan perusahaan, serta kesempatan magang. “Karena sudah disiapkan sejak dari kuliah, lulusannya sudah siap kerja secara profesional,” kata Erlina.

Hingga saat ini, Wilmar telah menyelesaikan satu angkatan ikatan dinas selama delapan tahun berkarir, dengan sebagian lulusannya sudah menduduki posisi strategis dan menjadi tokoh kunci di unit penempatan masing-masing. Ke depan, perusahaan membuka kemungkinan untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: Walhi Klaim Pelanggaran Astra Agro Lestari Jauh Lebih Luas dari yang Didokumentasikan

Pada angkatan-angkatan sebelumnya, Wilmar memberlakukan ikatan dinas bagi penerima beasiswa untuk bekerja di perusahaan. Namun, mulai tahun ini, perusahaan memberikan pilihan bagi peserta beasiswa untuk berkarir di Wilmar atau perusahaan lain. “Tujuan kami adalah memberdayakan mereka untuk mengejar berbagai peluang karier, baik di Wilmar maupun di tempat lain, serta berkontribusi positif bagi industri dan masyarakat,” tandas Erlina. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com