Agustina Sembiring, Patahkan Ketabuan Sebagai Kepala Pabrik Kelapa Sawit

oleh -1658 Dilihat
infosawit
Dok. pribadi

InfoSAWIT, JAKARTA – Jabatan kepala Pabrik Kelapa Sawit (mill manager) kerap identik dengan pekerjaan yang diisi oleh sosok laki-laki, atau terkesan bahwa jabatan kepala pabrik tersebut mahfum dipegang oleh kalangan pekerja pria. Terlebih, kepala pabrik mesti tegas dan kuat menghadapi kendala dan harus tepat dalam memenuhi target yang telah ditentukan.

Apalagi para pekerja pabrik kelapa sawit rata-rata didominasi oleh kalangan laki-laki, terkecuali bagian adminsitrasinya. Namun bagaimana kemudian bila jabatan Kepala Pabrik Kelapa Sawit itu diduduki oleh seorang wanita.

Padahal jarang sekali wanita bisa memegang jabatan kepala pabrik kelapa sawit. Namun Agustina Sembiring mampu mematahkan ketabuan tersebut. Dikatakan Agustina, sebelumnya belum ada terpikirkan olehnya menduduki jabatan sebagai kepala pabrik, namun dengan adanya dorongan untuk menambah ilmu dan bisa mengetahui lebih banyak hal tentang teknik pengolahan di pabrik kelapa sawit, membuat dirinya menerima tawaran menjadi kepala pabrik di Bukti Barisan Indah Prima Mill.

Lebih lanjut tutur Agustina, dalam menjalankan profesi sebagai kepala pabrik kelapa sawit dirinya memperoleh dukungan dari keluarga. “Selain guna membantu suami, juga hendak memanfaatkan kemampuan yang ada pada diri kita,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Selama ini cerita Agustina, dirinya tidak mendapatkan kendala dalam menjalai profesi sebagai kepala pabrik kelapa sawit, terlebih Keluarga sangat mendukung sepanjang ia senang menjalaninya. “Sebenarnya untuk jabatan kepala pabrik kelapa sawit tidak ada masalah jika di pegang oleh seorang Wanita, asalkan bisa memposisikan diri dan di dukung oleh keluarga,” tutur Agustina.

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Edisi November 2021

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com