3 Buyer Eropa Apresiasi Penyampaian Transformasi Sawit Berkelanjutan PT Laot Bangko

oleh -600 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pemaparan perjalanan transformasi PT Laot Bangko menuju perkebunan sawit keberlanjutan di hadapan perusahaan buyer Eropa (Nestle, Fuji Oil dan Oleon) dan juga turut dihadiri Earthworm Foundation dan dinas terkait.

InfoSAWIT, SUBULUSSALAM – PT Laot Bangko dalam menjalankan pengelolaan perkebunannya secara progresif memperhatikan aspek keberlanjutannya.

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki luas Hak Guna Usaha (HGU) 3.704,10 hektar yang berada di Kota Subulussalam, Aceh itu secara efektif meningkatkan pengelolaan terhadap lini lingkungan, komunitas sosial dan ketenagakerjaan.

Sustainability PT Laot Bangko, Wahyudi P Widodo mengatakan bahwa sejak penerbitan komitmen keberlanjutan PT Laot Bangko pada Juni 2021 lalu tampak mengalami perkembangan yang signifikan terhadap tiga aspek yang mendasar, yakni lingkungan, sosial dan ketenagakerjaan.

BACA JUGA:Wali Kota Subulussalam Adakan Forum Bisnis Pengelolaan SDA untuk Sawit Berkelanjutan 

“Sejak penerbitan komitmen keberlanjutan Laot Bangko pada Juni 2021, kami secara progresif terus meningkatkan pengelolaan terhadap topik lingkungan, komunitas sosial dan ketenagakerjaan. Seiring dengan perkembangan aspek keberlanjutan, demikian juga kami mengalami perkembangan,” kata Wahyudi kepada InfoSAWIT, Kamis (20/10/2022).

Laot Bangko juga mengaku bahwa pihaknya terus beradaptasi dengan setiap tantangan yang muncul. Di mana pada bulan November 2021 lalu dalam mendorong proses perbaikan terhadap misi sawit berkelanjutan, Laot Bangko menggandeng BIOREF IPB untuk melakukan asesmen Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan Stok Karbon Tinggi (SKT) di dalam areal HGU.

Di luar itu PT Laot Bangko juga melangsungkan komitmen pengelolaan sumber daya alam (PSDA) secara lanskap.

BACA JUGA: SLKS Jadi Jalan Petani Sawit Swadaya Karya Serumpun Peroleh Sertifikat RSPO

Lebih lanjut ia mengatakan, baru-baru ini, PT Laot Bangko mendapat apresiasi dari para perusahaan buyer Eropa, seperti Nestle, Fuji Oil, Oleon dan Earthworm Foundation selaku mitra pembangunan Pemerintah Kota Subulussalam serta dinas terkait atas penyampaian perjalanan keberlanjutan atau milestones of sustainability.

“Perjalanan dan komitmen kami dalam melakukan transformasi menuju perkebunan kelapa sawit berkelanjutan atau sustainable palm oil lebih lengkapnya dapat dilihat secara detail dan transparan dalam dashboard atau website kami PT LB www.laotbangko.com dalam folder sustainabolity,” terang Wahyudi. (T3)

Laporan Nukman Suryadi Angkat


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.