Ini Produsen Utama Minyak Sawit Asal Amerika Selatan

oleh -19915 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada kawasan Amerika Selatan terdapat tiga konsumen minyak sawit teratas diantaranya Kolombia, Brasil, dan Meksiko. Konsumsi minyak sawit terbesar tercatat oleh Kolombia sebanyak 1,14 juta ton pada tahun 2020, dimana hanya 190 ribu ton dari total konsumsi didapat  dari diimpor.

Produksi minyak sawit domestik Kolombia mencapai sekitar 1,7 juta ton, ini menjadikan Kolombia sebagai produsen minyak sawit terbesar dari kawasan Amerika Selatan. Lantas konsumen minyak sawit terbesar kedua adalah Brasil, dengan konsumsi sekitar 930 ribu ton, dimana sebanyak 34,4% di antaranya diperoleh melalui impor.

Produksi minyak sawit domestik Brazil mencapai 620 ribu ton, kemudian Meksiko Sebagai konsumen minyak sawit terbesar ketiga dengan total konsumsi sebanyak 593 ribu ton, yang mana  473 ribu ton diantaranya di peroleh melalui kegiatan impor. Produksi minyak sawit domestik Meksiko tercatat sekitar 118 ribu ton. Catat Nur Adibah Mohd Razali, produsen minyak sawit utama lainnya dari kawasan Amerika Selatan adala Guatemala, Ekuador dan Peru.

BACA JUGA: Mentan: Produksi  CPO Bersertifikat ISPO Capai 22 Juta Ton

Lantas, bagaimana dengan prospek pasar minyak sawit di kawasan Amerika Selatan? merujuk analisa MPOC, konsumsi dan ekspor minyak sawit Kolombia pada tahun 2022 diperkirakan berada pada tren yang meningkat karena meningkatnya permintaan domestik dari sektor non-makanan serta permintaan luar negeri untuk minyak sawit berkelanjutan bersertifikat.

Sebagai produsen minyak sawit dan inti sawit terbesar di Amerika Selatan, Kolombia terus berupaya meningkatkan produksi minyak sawit bersertifikat berkelanjutan di bawah Strategi Nasional Program Minyak Sawit Berkelanjutan.

BACA JUGA: Harga CPO Masih Akan Berkisar RM 4.000 per ton di 2023

Federasi Nasional Petani Kelapa Sawit, Fedepalma telah mengadopsi standar praktik sawit berkelanjutan skim Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), International Sustainability and Carbon Certification (ISCC), dan Rainforest Alliance Colombia menjadikan Kolombia sebagai pemasok minyak sawit bersertifikat yang cukup penting bagi pasar Eropa.

“Kolombia juga memproduksi minyak sawit untuk sektor non-pangan terutama biodiesel dan biomassa yang dihasilkan dari proses ekstraksi minyak sawit,” catat Nur Adibah Mohd Razali. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi April 2022


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.