Mekanisme Pengaduan di RSPO Belum Maksimal Selesaikan Banyak Kasus

oleh -1144 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Sawit Watch menyoroti terkait mekanisme pengaduan di Roundtable on Sustainable Palm Oil  (RSPO). Menurut Spesialis Buruh di Sawit Watch, Zidane, mekanisme pengaduan RSPO ini menjadi salah satu media dalam penyelesaian kasus, namun sayangnya masih banyak kasus yang belum diselesaikan.

Jika hal ini terus terjadi maka berpeluang menyebabkan banyak pihak yang akan kehilangan kepercayaan terhadap prosedur ini. “Oleh karena itu, jika RSPO ingin prosedur penyelesaian kasus ini bisa diterima oleh para pihak, terutama bagi masyarakat korban kehadiran perkebunan sawit maka perlu adanya perbaikan-perbaikan,” terang Zidane dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (29/11/2022).

Lebih lanjuta kata Zidane, hal yang perlu diperbaiki diantaranya, penting bagi RSPO untuk merumuskan timeline penyelesaian keluhan secara jelas dengan capaian yang terukur, meningkatkan kapasitas personalnya dalam memahami setiap keluhan, serta melakukan identifikasi keluhan dan monitoring implementasi kesepakatan dengan transparan. “Selain itu RSPO juga, sangat penting memastikan para pihak mengikuti proses dan kesepakatan selama perundingan dengan baik,” paparnya. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.