Astra Agro Siap Dialog Dengan PepsiCo dan FrieslandCampina Tentang Sustainability

oleh -6840 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Dirut PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa, saat acara Talk To The CEO di Semarang

InfoSAWIT, JAKARTA – Menyusul adanya ajakan dari PepsiCo dan FrieslandCampina kepada para pemasoknya untuk tidak lagi menggunakan minyak sawit yang bersumber dari PT Astra Agro Lestari TBk., memperoleh tanggapana dari pihak  PT Astra Agro Lestari Tbk yang siap mengajak PepsiCo dan FrieslandCampina bersama-sama berdialog dan berbisnis sambil tetap menjaga kelestarian alam. Tidak hanya merawat dan melindungi bumi, perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional ini juga mengundang dua perusahaan tersebut  untuk melihat langsung penerapan Astra Agro dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM).

“Kami tidak ingin berdebat tentang komitmen Astra Agro terhadap prinsip-prinsip sustainability, lebih baik langsung sama-sama kita tunjukkan tindakan nyata yang benar-benar dirasakan manfaatnya,” ujar Presiden Direktur Astra Agro, Santosa dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (17/3/2023).


Ajakan tersebut disampaikan Santosa menyusul pernyataan PepsiCo dan FrieslandCampina melalui beberapa media. Dikabarkan bahwa produsen susu dan makanan dari Amerika Serikat serta produsen susu dari Belanda itu meminta para pemasok menghentikan pembelian minyak sawit dari Astra Agro. Alasannya, ada kelompok lingkungan yang menuduh Astra Agro melakukan perusakan lingkungan dan pelanggaran HAM. PepsiCo dan FrieslandCampina sendiri bukan pembeli langsung produk Astra Agro dan tidak pernah melakukan kontak maupun komunikasi dan klarifikasi atas tuduhan yang dikeluhkan.

BACA JUGA: Bali Soap: Dari Souvenir Hingga Pasar Ekspor Produk Ramah Lingkungan Bersertifikat RSPO

Menurut Santosa, tentu saja tuduhan-tuduhan tersebut tidak berdasar. Apabila tuduhan yang dikeluhkan adalah menyangkut publikasi laporan Friends of Earth (FoE), maka sebenarnya Astra Agro telah memberikan klarifikasi mengenai tuduhan dalam laporan tersebut secara langsung kepada para pemangku kepentingan. Selain itu, Astra Agro mempublikasikan tanggapan secara terbuka yang dapat dibaca pada laman ​​​​​https://www.astra-agro.co.id/pernyataan/

Demi objektivitas, menurut Santosa, Astra Agro akan menunjuk lembaga independen untuk melakukan peninjauan lapangan yang lebih komprensif agar dapat terungkap kondisi yang sesungguhnya terkait tuduhan yang disampaikan dalam laporan FoE. Penunjukkan pihak ketiga ini dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari para pemangku kepentingan.

“Laporan hasil tinjauan lapangan ini akan kami sampaikan kepada para pemangku kepentingan agar jelas apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan,” katanya.

BACA JUGA: Giliran Produsen Makanan Ringan dan Susu Stop Beli Minyak Sawit Astra Agro

Santosa menambahkan, bahwa dalam menjalankan bisnisnya, Astra Agro selalu patuh terhadap hukum dan mengikuti peraturan yang berlaku serta mendengarkan aspirasi masyarakat asli yang hidup berdampingan dengan perusahaan. (T1)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com