Bursa CPO Indonesia Siap Meluncur, Regulasinya Diprediksi Terbit Akhir Mei 2023

oleh -9423 Dilihat
infosawit
Dok. Humas Kemendag/ Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didid Noordiatmoko

InfoSAWIT, JAKARTA – Upaya pemerintah dalam mewujudkan bursa minyak sawit mentah (CPO) terus berlanjut, saat ini bahkan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, sedang melakukan uji publik dalam rangka menyusun Regulatory Impact Assessment (RIA) atau Analisis Dampak Peraturan.

Diungkapkan Kepala Bappebti Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko, dengan diterbitkannya RIA, maka Kementerian Perdagangan akan menyusun regulasi aturan main bursa CPO lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) sehingga, bursa berjangka CPO bisa diimplementasikan segera.


Dengan adanya bursa berjangka CPO, semua proses transaksi pembelian dan penjualan CPO di Indonesia terpantau dan Indonesia memiliki pembentukan harga CPO sendiri. “Kita harus melakukan uji publik jadi ini lagi progres dengan kementerian lembaga, mungkin nanti dua kali pertemuan lagi sehingga nanti RIA itu terbentuk,” katanya seperti dikutip InfoSAWIT dari Kompas, Kamis (4/5/2023).

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Naik, Didorong Melonjaknya Harga Minyak Nabati Lain

Lebih lanjut kata Didid bila RIA itu sudah ada maka permendag CPO-nya bisa disusun. Perkiraan Didid, RIA bisa cepat diselesaikan sehingga Permendagnya bisa segera dirilis pada akhir Mei 2023. Dengan begitu, bursa CPO bisa aktif satu bulan setelahnya atau Juni 2023.

Kemudian, Didid juga mengatakan dalam penyusunan RIA seluruh stakeholder sudah diajak bicara dalam rangka uji publik dan akan kembali dilakukan pertemuan 2 kali lagi untuk memantapkan pengujian. Dalam proses pengujian ini, lanjut Didid, tim Badan Kebijakan Perdagangan (BK Perdag) akan meninjau pelabuhan ekspornya, seperti yang ada di Dumai, Belawan, dan lainnya.

BACA JUGA: PLTBg Berbasis Limbah Cair Sawit Resmi Beroperasi di Riau, Berkapasitas 3×1 MW

“Kemarin juga ada permintaan dari pelaku usaha jangan Dumai dan Belawan saja dong, tapi bayangan saya adalah yang masuk ke bursa itu kan sebenarnya paper-nya (berkasnya), jadi bursanya bisa saja di Jakarta tapi pelabuhan ekspornya kan bisa di manapun seluruh Indonesia,” tandas Didid. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com