Wanita Tangguh Ini Jadi Ujung Tombak Layanan Kesehatan Petani Sawit Anggota Koperasi

oleh -3250 Dilihat
infosawit
Dok Fortasbi/ Berlian Sinaga, jadi ujung tombak layanan kesehatan di Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM)

InfoSAWIT, PANGKALANBUN – Tidak banyak perempuan bisa kuat dan mampu untuk menjadi garda dalam layanan kesehatan masyarakat didaerah pelosok, namun tidak dengan perempuan yang satu ini, lantaran perempuan ini telah menjadi ujung tombak layanan kesehatan di Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM).

Sebut saja namanya Berlian Sinaga. Ibu berputra tunggal itu merupakan salah satu Tim ICS Unit K3 dan Tanggap Darurat APKSM, yang memiliki dua prioritas pencapaian. Pertama, untuk mengawal dan menjaga kesehatan anggota dan pekerja APKSM, lantas kedua Zero Accident dengan terus memberikan imbauan sadar menggunakan alat pelindung diri yang sesuai, saat bekerja di kebun.


Tugas itu dilakukan bukanya tanpa alasan, lantaran usaha perkebunan sawit dianggap sebagai salah satu pekerjaan berbahaya dengan risiko tinggi, sehingga kesehatan dan keselamatan para anggota dan pekerja menjadi unsur penting bagi APKSM.

BACA JUGA: Harga Referensi CPO Turun, Periode 16–30 Juni 2023 Bea Keluar dan Pungutan Ekspor CPO Ditetapkan US$ 68/ton

Berlian Sinaga berharap, dengan layanan kesehatan masyarakat yang tersedia, tidak ada anggota dan pekerja yang sakit, termasuk mudah dalam mengakses layanan kesehatan, selain cepat dan murah.

Dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Forum Petani Kelapa sawit Indonesia (Fortasbi), Kamis (15/6/2023), bahkan dalam setiap kegiatan sosialisasi, pelatihan maupun pertemuan kelompok, Berlian Sinaga beserta Tim Unit K3 dan Tanggap Darurat selalu dihadirkan untuk mengecek kesehatan para petani sawit.

BACA JUGA: Konsumsi Minyak Sawit Indonesia April 2023 Alami Tren Meningkat

Menurut perempuan berusia 37 tahun ini, dengan masuknya APKSM dalam skema sertifikasi, juga turut memberikan manfaat besar bagi perempuan, “Sangat mendukung adanya sertifikasi RSPO karena ada keterlibatan peran perempuan dalam berorganisasi,” tandas dia. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com