Petani Sawit di Paser Belajar Aplikasi Pengolahan Buah Sawit Menjadi PRA-CPO

oleh -2138 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/ Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser, Adi Maulana.

InfoSAWIT, TANA PASER – Kelapa sawit, tanaman yang telah menjadi primadona di sektor pertanian Indonesia, telah memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Dengan produktivitas yang tinggi dan sejumlah manfaatnya, kelapa sawit telah menjadi penyumbang devisa terbesar sektor non-migas di Indonesia.

Pada Selasa, 25 Juli 2023, Pemerintah Kabupaten Paser memberikan apresiasi terhadap workshop yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengenai aplikasi pengolahan buah sawit menjadi PRA-CPO, yang bertujuan untuk meningkatkan daya tawar petani sawit mandiri di sentra perkebunan sawit rakyat.

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser, Adi Maulana, yang mewakili Bupati Paser. Dalam sambutannya, Adi Maulana menekankan pentingnya kelapa sawit bagi masyarakat Indonesia, khususnya para petani. Sebagai salah satu sektor pertanian utama, perkebunan kelapa sawit menyerap banyak tenaga kerja, dengan sekitar 86.208 tenaga kerja yang merupakan petani pola perkebunan rakyat dari total 218.023 tenaga kerja yang terlibat di sektor ini.

BACA JUGA: Pengembangan Lada Putih dan Kelapa Sawit Sebagai Ikon Bangka Belitung

Selain sebagai sumber penghasilan bagi banyak petani, kelapa sawit juga dianggap sebagai mata pencaharian yang menjanjikan. Pertumbuhan tanaman ini relatif cepat, sehingga hasilnya bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kelapa sawit juga diakui sebagai tanaman alami tanpa limbah produksi, karena hampir setiap bagian dari tanaman ini memiliki manfaat. Buah sawit dapat diolah menjadi berbagai produk olahan rumah tangga seperti minyak goreng dan sabun, serta berfungsi sebagai pupuk kompos. Sementara itu, batangnya yang ditebang dapat menjadi bahan dasar furnitur.

Potensi kelapa sawit tidak hanya berdampak positif pada tingkat lokal, tetapi juga memiliki peran penting di tingkat global. Dengan jumlah kelapa sawit yang berlimpah di Indonesia, negara ini telah menjadi raja biodiesel dengan produksi mencapai 7,9 miliar liter, mengalahkan produksi dari negara-negara seperti Amerika dan Jerman. Bukan hanya itu, kelapa sawit juga menjadi salah satu andalan dalam upaya untuk mengalihkan dunia dari sumber energi fosil menjadi energi hijau yang terbarukan. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu lumbung energi terbarukan di dunia.

Pemerintah, bersama dengan para pemangku kepentingan lainnya, terus berupaya untuk memaksimalkan potensi kelapa sawit dengan mengembangkan teknologi dan inovasi dalam pengolahan hasil sawit. Melalui workshop yang diadakan oleh BRIN dan BPDPKS, diharapkan petani sawit dapat meningkatkan daya tawar mereka, sehingga kesejahteraan mereka pun meningkat. “Selain itu, dukungan terhadap upaya pengalihan dari energi fosil menjadi energi hijau juga dapat menjadi salah satu langkah konkrit untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan iklim,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman resmi Pemkab Paser, Rabu (26/7/2023).

BACA JUGA: Limbah Pabrik Sawit PT. Syaukat Sejahtera Diduga Merusak Lahan Sawah Warga Bireuen, Aceh

Namun, di balik potensi positif kelapa sawit, juga terdapat tantangan yang harus diatasi. Pengembangan perkebunan sawit harus tetap memperhatikan isu-isu lingkungan dan sosial, seperti deforestasi, hak-hak masyarakat adat, dan perubahan iklim. Upaya-upaya berkelanjutan dan kebijakan yang bijaksana sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Secara keseluruhan, kelapa sawit memegang peranan strategis dalam perekonomian Indonesia dan juga berpotensi mendukung transisi menuju energi hijau di tingkat global. Dengan dukungan yang tepat dari pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat, kelapa sawit dapat terus menjadi sumber daya yang berharga bagi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan petani di Indonesia. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com