4 Produk Sawit Wajib Sertifikat Halal, Kini Dalam Penahapan Awal

oleh -1334 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pabrik Minyak Goreng Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Dalam era perkembangan teknologi pengolahan produk yang semakin maju, Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal menyatakan bahwa perbedaan antara produk halal dan haram semakin sulit untuk diidentifikasi.

“Karena itu, perlu dipastikan bahan-bahan yang digunakan memiliki ketertelusuran dan jaminan kehalalannya,” ujar perwakilan dari Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal dalam acara Sosialisasi Sertifikasi Halal untuk Crude Palm Oil (CPO) yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) pada pertengahan Mei 2024 dalam informasi yang diperoleh InfoSAWIT, ditulis Kamis (16/5/2024).


Jaminan produk halal memiliki urgensi yang tinggi karena memberikan kepastian hukum mengenai ketersediaan produk halal serta memberikan kenyamanan, keamanan, dan perlindungan terhadap produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika, serta barang dan jasa yang digunakan masyarakat. Selain itu, sertifikasi halal meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk halal Indonesia baik di pasar domestik maupun internasional.

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Naik 0,44 Persen Pada Perdagangan Selasa Pagi (14/5)

“Jaminan produk halal tidak hanya memberikan keuntungan dalam perdagangan produk halal internasional, tetapi juga mendorong kerjasama internasional dalam perdagangan produk halal,” tambah perwakilan Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal.

Untuk mewujudkan tujuan penyelenggaraan jaminan produk halal, berbagai aturan telah diterbitkan, termasuk Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Aturan ini mengatur tatanan penyelenggaraan jaminan produk halal di Indonesia dan menetapkan berbagai produk yang wajib bersertifikat halal.

Minyak sawit termasuk dalam kategori penahapan pertama produk yang wajib bersertifikat halal. Beberapa produk minyak sawit yang masuk dalam kategori makanan dan wajib memiliki sertifikasi halal meliputi, minyak inti kelapa sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Kernel Oil/RBDPKO), minyak kelapa sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil/RBDPO), minyak olein (Refined Bleached Deodorized Palm Olein), stearin kelapa sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Stearin/RBDPS) dan minyak goreng sawit.

BACA JUGA: Sejumlah Petani sawit dan Tebu Bertemu Prabowo Bahas Sejumlah Isu

Dengan adanya sertifikasi halal untuk produk-produk tersebut, diharapkan konsumen dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam mengonsumsi serta menggunakan produk yang telah terjamin kehalalannya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com