Gula Merah Sawit Jadi Ladang Keberuntungan Juardi

oleh -1094 Dilihat
infosawit
Dok. pribadi

Juardi lalu bereksperimen untuk menambahkan gula putih ke cairan umbut sawit yang dimasak tersebut. “Loh, kok hasilnya jadi mirip gula merah dari aren,” kata Juardi mengenang eksperimennya waktu itu.

Eksperimen terus dilakukan sampai kemudian Juardi meyakini kalau cairan umbut sawit itu bisa diproduksi menjadi gula merah sawit. Ia lalu mulai memproduksi secara massal gula merah sawit, lalu menjualnya secara bertahap. “Awalnya susah, enggak ada yang mau gula merah sawit yang saya buat. Orang lebih suka gula merah aren,” kata Juardi.

Tapi ia dan keluarganya tidak putus asa. Secara perlahan ia pun akhirnya dikenal sebagai produsen gula merah sawit dari Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan.  “Alhamdulilah, terkadang sehari omset saya kini bisa Rp 500.000 per hari. Kalau keuntungan bersih sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 per hari,” kata Juardi.

BACA JUGA: Hampir Dua Tahun Petani Sawit di Palas Masih Menunggu Kepastian Program PSR

Adapun gula merah sawit yang ia jual dalam bentuk tepek, sama persis dengan gula merah aren. Setiap kilogram gula merah sawit ia jual dengan harga sekitar Rp 12.000 sampai Rp 13.000. Yang menarik, kini Juardi tak lagi perlu mencari pelanggan gula merah sawit. Sebab, kata dia, para pelanggan itu yang datang langsung ke tempat pembuatan gula merah sawit miliknya.

“Mereka itu ada yang datang dari Medan, Siantar, Tebing Tinggi. Rata-rata gula merah sawit saya dijual di pasar-pasar pagi, termasuk di pasar-pasar yang ada di Kota Medan,” kata Juardi. (T5)

Artikel ini telah tayang di Infosawit Sumatera dengan judul © Awalnya Ingin Buat Sayur, Kini Juardi Jadi Juragan Gula Merah Sawit


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.