Realisasi Dana Peremajaan Sawit 2016-2022 Capai Rp 7,52 Triliun, dan Insentif Biodiesel Rp 144,59 Triliun

oleh -5074 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Diungkapkan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Eddy Abdurachman, capaian seluruh program yang dilaksanakan oleh BPDPKS, yang pertama yaitu kinerja program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

“Sejak tahun 2016 sampai dengan 2022, realisasi penyaluran dana PSR seluas 273.666Ha untuk 120.168 pekebun dengan dana mencapai Rp7,52 triliun yang tersebar di 21 Provinsi di Indonesia,” katanya, pada press conference akhir tahun BPDPKS dihadiri InfoSAWIT, Kamis (22/12/2022) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.


Diakui Eddy, capaian di tahun 2022 ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya, utamanya disebabkan kendala terhadap pemenuhan persyaratan keterangan tidak berada di Kawasan hutan dan Kawasan lindung gambut serta keterangan tidak berada di lahan HGU.

BACA JUGA: Sawit Berkelanjutan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sementara, program Insentif Biodiesel yang telah diimplementasikan sejak tahun 2015 bertujuan untuk menjaga stabilitas harga CPO, mendorong kemandirian dan ketahanan energi nasional, pengurangan emisi gas rumah kaca dan penghematan devisa yang berasal dari berkurangnya impor solar, hingga tahun 2022, telah menyalurkan volume biodiesel sebesar 42,98 juta KL dengan dana biodiesel yang telah dibayarkan sejumlah Rp144,59 triliun.

“Pemerintah berhasil secara konsisten mempertahankan penerapan program mandatori biodiesel melalui masa pandemi dan gejolak harga minyak dunia, bahkan di tahun 2022 telah bersiap untuk implementasi B35” tandas Eddy. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com