Wamenaker Apresiasi Upaya Perlindungan Pekerja Perempuan dan Anak di Sawit

oleh -1012 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Wamenaker Afriansyah Noor (kiri) menerima cindera mata dari Plantation Head Wilmar Simon Siburat dalam peresmian Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan dan Anak PT AMP Plantation

InfoSAWIT, PASAMAN – Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor mengapresiasi upaya perlindungan pekerja perempuan dan anak yang dilakukan Wilmar. Langkah itu diwujudkan melalui pembukaan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan dan Anak (RP3A) di PT AMP Plantation, Wilmar Group yang berlokasi di Desa Tapian Kandis, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Menurut Afriansyah, perlindungan terhadap pekerja perempuan menjadi hal krusial dengan meningkatnya jumlah pekerja perempuan di perusahaan. Mereka wajib dilindungi dan diberikan fasilitas yang memadai untuk menampung dan menangani masalah yang terjadi. “Terimakasih dan selamat kepada PT AMP Plantation yang sudah berhasil membuat fasilitas perlindungan pekerja perempuan dan anak sesuai dengan program Kementerian PPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) sehingga menunjukkan perusahaan peduli betul. Pemerintah dan dunia sudah perhatikan itu. Apresiasi yang luar biasa atas tujuan dan niat baiknya,” kata Afriansyah dalam sambutannya saat peresmian RP3A di PT AMP Plantation, Rabu (1/3/2023).


Selain menangani pengaduan, fasilitas tersebut diharapkan dapat menjadi pusat untuk menjalankan program-program pemberdayaan perempuan dan anak yang bermanfaat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraannya.

BACA JUGA: http://BS Laporkan Sejumlah Kasus Buruh Sawit Ke Wamen

Dia menambahkan, investasi harus memberikan dampak positif sehingga berkontribusi terhadap pembagunan daerah setempat, terutama pajak dan penyerapan tenaga kerja. Dia juga menyatakan apresiasi karena Wilmar telah menyerap 90 persen tenaga kerja dari masyarakat lokal. Selain itu, perusahaan juga telah menerapkan dengan baik  kesehatan dan keselamatan kerja (K3), pajak, dan  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. “Intinya kalau semua di perusahaan itu sudah bagus tentunya akan semangat dalam bekerja,” ujar dia dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (3/3/2023).

Saat ini Wilmar di Indonesia mempekerjakan 44 ribu orang dan mampu bertahan dalam kondisi yang baik, termasuk saat pandemi. “Terimakasih karena dapat mempertahankan dalam kondisi yang baik,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansharulloh menilai, jika hak-hak perempuan diperhatikan dengan baik maka diharapkan mampu melahirkan generasi yang baik. Anak juga perlu diperhatikan haknya karena kualitas anak hari ini adalah masa depan bangsa. “Kalau punya perhatian besar terhadap anak, berarti punya tanggung jawab besar dalam menyiapkan generasi kedepan,” ujar Malyehdi.

BACA JUGA: Plt. Kepala Bappebti: Pembentukan Harga Acuan Komoditas Sesuai Mandat UU 32/1997

Mahyeldi juga mengungkapkan apresiasinya terhadap Wilmar karena hampir tidak adanya laporan mengenai kasus yang terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Ini adalah upaya antisipasi sehingga mengurangi masalah, produktivitas perusahaan akan meningkat,” tutur dia.

Menurut Plantation Head Wilmar Simon Siburat, pihaknya mengoperasikan lima perusahaan di Sumatera Barat sejak 1992 dengan total 5.931 karyawan di perkebunan dan pengolahan dengan status sebagai karyawan tetap, sehingga hak-haknya harus terpenuhi. Perusahaan telah memberikan perhatian terhadap hak-hak pekerja perempuan sejak awal. Hal itu kemudian dicantumkan dalam komitmen No Deforestation, No Peat, No Exploitation (NDPE), berupa perlindungan terhadap pekerja perempuan dan anak.

Perusahaan juga telah membentuk Komite Gender dan kemudian berganti menjadi Women on Working Group (WOW) pada 2019. Komite ini dibawah supervise Human Capital Wilmar dan sering bekerjasama dengan ILO melalui Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Bidang Ketenagakerjaan dan pihak lain yang terkait. Dari kerjasama itu telah direalisasikan sejumlah kegiatan untuk untuk mendorong  perlindungan pekerja perempuan, responsif gender, serta perlindungan  anak dapat merata di seluruh wilayah operasi  Wilmar di Indonesia. “Dengan RP3A, pekerja kami bisa berkonsultasi dengan petugas,” kata Simon. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com